Ekspor Batubara Global Capai Titik Tertinggi di 2023

| Selasa, 23/01/2024 11:05 WIB
Ekspor Batubara Global Capai Titik Tertinggi di 2023 Komoditas Batubara (Foto: Porto News)

RADARBANGSA.COM – Ekspor batubara termal melonjak melampaui 1 miliar metrik ton untuk pertama kalinya. Pemanfaatan pembangkitan listrik berbahan bakar batubara di seluruh dunia juga mencapai rekor tertinggi pada 2023.

Penggunaan batubara dalam sistem pembangkit listrik terus meningkat meskipun ada upaya luas untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Menurut lembaga peneliti lingkungan Ember, pembangkit listrik tenaga batubara hingga Oktober tahun lalu, mencapai 8.295 terawatt hour (TWh), naik 1% dari periode yang sama pada tahun 2022 dan merupakan rekor tertinggi.

Data pengapalan batubara dari Kpler, yang dikutip lama Reuters akhir pekan lalu, menunjukkan total ekspor batubara termal mencapai 1,004 miliar metrik ton sepanjang tahun lalu, naik 62,5 juta ton atau 6,6% dari tahun 2022.

Menurut Ember, emisi pembangkit listrik tenaga batubara juga mencapai titik tertinggi hingga Oktober 2023, mencapai 7,85 miliar ton karbon dioksida dan gas lain yang setara,atau  sekitar 66,7 juta ton lebih banyak dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022.

Ekspansi yang terus berlanjut dalam penggunaan dan emisi batubara menjadi pengingat bagi para pemerhati iklim. Bahan bakar pembangkit listrik yang berpolusi tinggi ini terbukti tetap menjadi bagian penting dalam sistem tenaga listrik utama, meskipun tenaga surya, angin, dan sumber energi bersih lainnya telah digunakan dengan kecepatan pertumbhan yang luar biasa.

Tags : Batubara , PLTU

Berita Terkait