Indonesia Bisa Swasembada Gula, ini Caranya!

| Rabu, 28/02/2024 11:35 WIB
Indonesia Bisa Swasembada Gula, ini Caranya! Seorang Petani Tebu di Desa Jokerto, Lumajang (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Direktur Produksi dan Pengembangan Holding PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Mahmudi mengatakan, untuk mencapai swasembada gula dibutuhkan sinergitas petani tebu.

“Untuk mewujudkan cita-cita swasembada gula sangat membutuhkan sinergitas dari petani tebu, Perusahaan, dan dinas perkebunan terkait,” ujar Mahmudi dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Rabu, 28 Februari 2024.

PTPN III mengoptimalkan pencapaian produksi perusahaan melalui program pengembangan petani tebu rakyat, dengan pola kemitraan bersama dalam pembangunan perkebunan yang sinergis dan mendorong tercapainya produktivitas optimal, sehingga dapat menjaga keberlangsungan rantai pasok serta keberlanjutan suatu usaha perkebunan.

Wadah kemitraan, lanjut Mahmudi menjadi salah satu upaya dalam mencapai suatu tujuan yang sama antara petani rakyat dan perusahaan perkebunan agar terwujud suatu industri tebu yang berkelanjutan.

“Kemitraan merupakan elemen penting dalam industri tebu, karena terkait aspek persaingan usaha dan keberlanjutan industri tebu kedepan, serta merupakan kunci dasar kekuatan dalam peningkatan daya saing,” ujarnya.

Diketahui, Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) berkolaborasi dengan PT LPP Agro Nusantara menggelar pelatihan peningkatan kompetensi bagi petani tebu yang bertujuan untuk memperkuat kemitraan tebu berkelanjutan.

“Dengan demikian, program ini tidak hanya memberikan manfaat jangka pendek bagi petani tebu, tetapi juga mendukung visi keberlanjutan jangka panjang yang merangkul prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan,” tukasnya.

Tags : PTPN III , Swasembada Gula , Petani Tebu , Indonesia

Berita Terkait