DCI Indonesia Tambah Kapasitas Pusat Data Jadi 120 Megawatt

| Jum'at, 22/03/2024 12:12 WIB
DCI Indonesia Tambah Kapasitas Pusat Data Jadi 120 Megawatt PT DCI Indonesia Tbk (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - PT DCI Indonesia Tbk DCII berencana menambah kapasitas pusat data sebesar 120 megawatt (MW) di 2024. Saat ini, kapasitas pusat data DCII tercatat sebesar 82 megawatt.

“Tahun ini di Cibitung kami sedang membangun gedung baru satu lagi, tambahan dengan kapasitas 36 megawatt dan harus selesai di akhir tahun ini,” kata Presiden Direktur DCII, Toto Sugiri seperti dikutip, Jumat 22 Maret 2024.

Sebagai informasi, perseroan memiliki tiga pusat data yang sudah beroperasi yang berlokasi di Cibitung, Karawang dan yang teranyar adalah pusat data E1 di bilangan Kuningan, Jakarta. Adapun perseroan sedang membangun satu gedung baru di pusat data Cibitung dengan kapasitas 36 megawatt.

Toto menyebut, investasi yang dikeluarkan perseroan untuk membangun pusat data sebesar USD8 juta hingga USD10 juta per megawatt. Berdasarkan asumsi tersebut, perseroan menggelontorkan dana sebesar USD288 juta hingga USD360 juta untuk menambah kapasitas 36 megawatt tahun ini. 

Adapun secara keseluruhan, total nilai investasi DCII untuk mencapai target 120 megawatt tahun ini sekitar USD960 juta sampai dengan USD1,20 miliar.

“Jadi data center ini peluangnya memang masih sangat besar karena kebutuhan di negara kita juga besar,” imbuh Toto.

Tags : CDII , Data Center

Berita Terkait