Tips Buat Sendiri Hand Sanitizer Berstandar WHO di Rumah

| Senin, 30/03/2020 20:31 WIB
Tips Buat Sendiri Hand Sanitizer Berstandar WHO di Rumah Hand Sanitizer. (Foto: ilustrasi)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pandemi virus corona (COvid-19) mengingatkan kita untuk selalu hidup bersih dengan rajin mencuci tangan, rajin berolahraga, dan mengonsumsi makanan bergizi. Oraganisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun melansir bahwa salah satu cara mencegah penularan virus corona adalah rajin mencuci tangan.

Tujuan seringnya mencuci tangan adalah agar tangan Anda tetap dalam keadaan steril dari virus corona yang mungkin saja tidak sengaja melekat di tangan Anda. Untuk mensterilkan tangan, Anda bisa menggunakan sabun atau dengan memakai hand sanitizer.

Akan tetapi karena meningkatnya permintaan masyarakat di tengah pandemi virus corona ketersediaan hand sanitizer di pasaran pun mulai berkurang, bahkan langka.

Jika ini terjadi di tempat atau di wilayah Anda tinggal, jangan khawatir dan panik. Anda bisa membuat sendiri hand sanitizer berstandar WHO Anda, sesuai penjelasan Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito.

Wiku menjelaskan bahwa BPOM telah melansir bahan pembuat hand sanitizer yang berstandar WHO, saat konferensi pers di BNPB, Senin (30/3). Bahannya terdiri dari:

1. Etanol 96 persen.
2. Gliserol 8 persen.
3. Hidrogen peroksida 3 persen.
4. Air steril

Namun demikian, tegas Wiku, bahan-bahan tersebut harus dicampur secara hati-hati dan untuk penggunaannya jangan dilakukan terlalu sering. Sebab, penggunaan hand sanitaizer yang terlalu sering dapat menyebabkan iritasi kulit hingga mudah terbakar.

Ia pun mengimbau agar Anda lebih mengutamakan mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir.

"Penggunaan hand sanitizer bisa dilakukan tapi tidak berlebihan agar tidak iritasi kulit. Harus hati-hati karena mengandung bahan mudah terbakar utamanya untuk yang merokok atau yang bekerja di rumah. Cuci tangan dengan air mengalir paling ampuh membunuh virus," jelasnya. (Irwan)

Tags : COVID-19 , Hand Sanitizer , WHO