5 Makanan Ini Dapat Bantu Turunkan Kolesterol Kamu

| Selasa, 11/08/2020 21:04 WIB
5 Makanan Ini Dapat Bantu Turunkan Kolesterol Kamu Ilustrasi Makanan Sehat. (Foto: hellosehatcom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Sudah pernah cek tekanan darah kamu berapa ? atau sudak pernah cek kadar kolesterol dalam darah kamu ? Kalau belum melakukannya, maka kamu bisa langsung cek ya guys.

Di zaman yang serba ada ini, kamu dapat dengan mudah menemukan tes kesehatan. Hanya dengan menggunakan setetes sampel darah saja, kamu sudah dapat tahu berapa kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuhmu. Bahkan kini banyak pihak yang menawarkan tes kesehatan tersebut  secara gratis.

Dan, jika ternyata hasil kolesterolmu tinggi, maka kamu wajib mengkonsumsi makanan di bawah ini.

  1. Bayam

Bayam tergolong sebagai Sayuran hijau seperti halnya kangkung. Sayuran hijau  disinyalir memang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini karena antioksidan yang terkandung di dalam sayuran hijau mampu mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol, sehingga mencegah terakumulasinya kolesterol dalam darah.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung senyawa kalium yang berfungsi menekan darah agar normal kembali. Untuk mendapatkan hasil yang efektif,  penderita kolesterol dapat meminum jeruk nipis setiap pagi hari secara rutin.

  1. Okra

Okra termasuk salah satu sumber makanan yang sangat berpotensi menurunkan kolesterol. Dalam sebuah penelitian dikatakan jika zat polisakarida dalam lendir okra dinilai dapat menurunkan kadar kolesterol karena kemampuannya mengikat asam empedu yang membawa racun dari hati.

  1. Wortel

Wortel memiliki zat potassium yang dapat membantu mempertahankan kadar kolesterol sehat dalam tubuh. Kamu juga harus tahu jika ada kadar kolesterol baik dalam tubuh yang perlu dipertahankan dan ada juga kolesterol jahat yang perlu kamu buang jauh-jauh.

  1. Bawang Putih

Bawang putih ternyata juga dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh loh. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa ekstrak bawang putih dapat menurunkan kolesterol sebanyak 7 persen.

Pada penelitian lain juga diungkapkan jika mengkonsumsi dua tablet ekstrak bawang putih setiap hari dalam enam minggu dapat menurunkan kadar kolesterol dengan total sebesar 12 persen, kolesterol jahat (LDL) sebesar 17 persen, dan menurunkan kadar trigliserida sebesar 5 persen.

 

Nah berbekal dengan informasi diatas, kini kamu jadi punya pandangan kan makanan apa yang harus kamu konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterolmu?. Tapi jangan lupa untuk mengimbanginya dengan olahraga ya guys, selamat mencoba.

Tags : kolesterol , makanan , sehat , olahraga