Majukan Musik Indonesia, Erwin Gutawa Orkestra Tak Pernah Bawakan Lagu Barat

| Jum'at, 28/08/2020 17:55 WIB
Majukan Musik Indonesia, Erwin Gutawa Orkestra Tak Pernah Bawakan Lagu Barat Erwin Gutawa (Komposer). (Foto: linetoday)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Komposer Erwin Gutawa telah hampir 30 tahun bergelut di dunia musik. Selama itu, ia mengungkapkan di setiap pertunjukkan musik bersama orkestra-nya hampir tak pernah membawakan lagu barat.

"Jadi orkestra saya bisa dibilang sama sekali nggak pernah membawakan lagu barat karena ingin memajukan musik atau seni musik Indonesia," tegasnya seperti dilansir detik.com, Jumat, 28 Agustus 2020.

Bahkan, Erwin mengungkapkan ketika ada ajakan untuk berkolaborasi dalam pentas musik yang diselenggarakan dalam konteks untuk memajukan Indonesia, maka dirinya bersama Erwin Gutawa Orkestra akan dengan senang hati berpartisipasi. Ditegaskannya, untuk itulah Erwin Gutawa Orkestra dibentuk yakni memajukan seni musik dan seni budaya Indonesia.

Karena itu, Erwin mendorong para musisi Indonesia untuk terus berkarya agar musik Indonesia dapat terus maju, terutama dengan menggali potensi-potensi seni budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Ia menyarankan untuk mengamati seni budaya, cara berpikir, cara orang Indonesia berkehidupan dan kebiasaan orang Indonesia, lalu konversikan hal tersebut menjadi ide.

"Seni tradisi kita gak cuma gamelan, tapi macem-macem di seluruh Indonesia. Dari instrumen, skala nada, variasi ritme, kalau itu bisa dianalisa, terus kita kombinasikan dengan ide-ide musik modern yang kita tekuni terus kita combine itu menurut saya akan menjadi suatu ide yang mungkin orang luar gak akan kepikiran," tuturnya.

Ayah dari penyanyi Gita Gutawa itu optimis musisi Indonesia bisa bersaing dengan musisi dunia. Ia menyebut saat ini adalah kesempatan untuk generasi muda mengeksplor diri karena batasan-batasan sudah tidak ada. Saat ini, orang di seluruh dunia bisa mengeksplor apa saja yang dibuat. Terlebih, lanjutnya, karena potensi seni budaya Indonesia sangat kuat dan besar.

"Potensinya karena kita punya latar belakang seni budaya yang sangat kuat. Jadi sebetulnya musik harusnya kita punya satu ciri khas yang kuat walaupun itu musiknya rock, metal, EDM, pop, jazz, tentu rasa keindonesiaannya kuat banget yang membuat orang lain jadi gak bisa mainin itu, cuma orang Indonesia yang bisa mainin, itu," pungkasnya.

Tags : Erwin Gutawa , Orkestra , Musik , Indonesia

Foto Terkait