Catat, Ini Khasiat Madu untuk Kesehatan Tubuh

| Senin, 15/03/2021 20:30 WIB
Catat, Ini Khasiat Madu untuk Kesehatan Tubuh Ilustrasi Madu. (Foto: klikdoktercom)

RADARBANGSA.COM - Madu sangat banyak memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh terutama di masa pandemi COVID-19 saat ini.

Madu juga dikenal memiliki tekstur ekental dan rasanya manis. Dilansir dari okezone.com, berikut manfaat mengkonsumsi Madu untuk kesehatan, antara lain:

1. Mengatasi jerawat

Menurut Joey Green, penulis `Magic Health Remedies`, sifat antimikroba madu dapat mengurangi peradangan jerawat. Untuk pengobatan rumahan jerawat, campurkan madu dan pala bubuk dengan perbandingan yang sama, lalu biarkan pada jerawat selama 20 menit sebelum dicuci.

2. Meredakan batuk

Madu terbukti sama efektifnya dengan obat yang mengandung dekstrometorfan yang dijual bebas untuk meredakan batuk. Berkat sifat sebagai penawar rasa sakit, madu bisa membentuk lapisan di tenggorokan untuk meredakan iritasi yang menyebabkan batuk. Minum 2 sendok teh madu pada malam hari untuk meredakan batuk dan membantu tidur.

3. Melembapkan kulit

Dokter kulit asal Amerika Serikat Zoe Diana Draelos MD mengatakan madu meninggalkan lapisan pada kulit untuk mengunci air dan meningkatkan kelembapan.

4. Perbaiki kolesterol

Sebuah studi di Dubai menemukan, dibandingkan dengan peserta yang mengonsumsi larutan glukosa, orang yang mengonsumsi 250 mililiter air dengan 75 gram madu alami selama 15 hari mengalami penurunan kolesterol jahat low-density lipoprotein (LDL) sekaligus meningkatkan kolesterol baik densitas lipoprotein (HDL) kolesterol.

5. Menyembuhkan luka bakar

Satu studi klasik menemukan madu dapat menyembuhkan luka bakar lebih cepat dan menunjukkan lebih sedikit terjadi peradangan, dibandingkan perak sulfadiazine dalam obat luka bakar pada umumnya.

6. Menaikkan gula darah rendah

Menurut sebuah studi dari Journal of International Society of Sports Nutrition, bubuk madu dapat meningkatkan dan mempertahankan kadar glukosa lebih efektif daripada sukrosa atau maltodekstrin.

Karbohidrat dan protein dalam jumlah besar setelah olahraga dapat menyebabkan hipoglikemia pada beberapa orang, tetapi para peneliti menyimpulkan madu dapat mencegah reaksi tersebut. Penderita hipoglikemia dapat menggunakan madu yang mengandung gula tinggi untuk meningkatkan kadar glukosa darah rendahnya.

7. Menghilangkan ketombe

Menggunakan madu pada rambut dapat menenangkan kulit kepala dan melawan ketombe. Para peneliti mempelajari penggunaan madu pada pasien yang menderita dermatitis seboroik dan ketombe, menemukan penggunaan sabun mandi madu dapat menghilangkan rasa gatal dan penskalaan lebih baik.

Meskipun mengalami ketombe sesekali, mencucinya dengan madu dapat meredakannya. Madu memiliki khasiat antijamur dan melembapkan kulit kepala. Encerkan madu dengan sedikit air hangat dan pijatkan ke kulit kepala selama 2 sampai 3 menit.

8. Pembersih tubuh

Menggunakannya sebagai body wash saat mandi, madu akan melembabkan kulit kering dan membunuh bakteri penyebab jerawat dan bau badan.

Untuk membuat sabun mandi, campurkan 2 sendok teh madu dengan 1 sendok makan minyak zaitun. Untuk spa, tambahkan minyak esensial seperti lavender, minyak almond, atau minyak vitamin E. Minyak ini dapat menenangkan dan memberikan bau yang harum. Jika Anda ingin mengubah sabun mandi Anda menjadi lulur, tambahkan dengan 1/2 cangkir gula merah.

Pastikan sabun mandi tidak mengandung air. Madu memiliki masa simpan yang sangat lama, tetapi menambahkannya air dapat menimbulkan pertumbuhan jamur, dan merusak dengan cepat.

9. Meredakan sakit tenggorokan

Selain meredakan batuk, madu juga bertindak sebagai antibakteri ringan yang bermanfaat untuk sakit tenggorokan. Tuang 1/2 cangkir air dengan 1 sendok teh jahe parut, lalu tambahkan perasan 1/2 buah lemon dan 1 sendok teh madu. Kumur campuran untuk meredakannya.

Tags : Madu , Khasiat , Kesehatan , Tubuh

Foto Terkait