Manfaat Rajin Sikat Gigi, Cegah Bau Mulut Hingga Terbentuknya Plak

| Kamis, 27/01/2022 22:40 WIB
Manfaat Rajin Sikat Gigi, Cegah Bau Mulut Hingga Terbentuknya Plak Ilustrasi sikat gigi. (Foto: klikdoktercom)

RADARBANGSA.COM - Menyikat gigi sangat bermanfaat untuk kesehatan. Setidaknya menyikat gigi dua kali sehari sesudah makan dan sebelum tidur.

Dilansir dari alodokter, berikut manfaat sikat gigi bagi kesehatan, antara lain:

1. Mencegah bau mulut

Bakteri yang ada pada mulut dapat menghasilkan gas sulfur sehingga bisa menyebabkan bau mulut. Selain itu, bau mulut juga akan meningkat jika Anda menderita sakit gigi atau penyakit gusi yang diakibatkan oleh penumpukan bakteri ini.

Guna mencegah bau mulut, kendalikan jumlah bakteri dalam mulut Anda dengan menyikat gigi dua kali sehari.

2. Mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit

Sikat gigi dua kali secara rutin tidak hanya dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut, tapi juga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Pasalnya, peradangan gusi yang disebabkan oleh bakteri di plak gigi dapat memicu peradangan di bagian tubuh lainnya.

3. Mencegah terbentuknya plak

Menyikat gigi dua kali sehari dapat membantu mengangkat sisa makanan dan minuman yang menempel di gigi sehingga mencegah pembentukan plak gigi. Plak gigi merupakan lapisan lengket dan bening pada permukaan gigi yang jika tidak dibersihkan dapat mengeras dan menjadi karang gigi.

4. Mencegah gigi berlubang dan radang gusi

Karena mampu mencegah terbentuknya plak dan karang gigi, kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari juga dapat mencegah gigi berlubang. Di samping itu, kebiasaan ini juga bisa menurunkan risiko Anda terkena radang gusi, yaitu tahap awal dari berbagai penyakit gusi.

Tags : Sikat Gigi , Kesehatan , Tips

Foto Terkait