Bunda Dorce Dimakamkan Sebagai Almarhum Dedi

| Rabu, 16/02/2022 15:41 WIB
Bunda Dorce Dimakamkan Sebagai Almarhum Dedi Dorce Gamalama Meninggal Dunia (foto:instagram/dg_kcp)

RADARBANGSA.COM - Selebritas sekaligus seniman tanah air Dorce Gamalama yang kerap disebut Bunda Dorce meninggal dunia di usianya 58 tahun, Rabu, 16 Februari 2022. Dikabarkan Bunda Dorce sebelumnya tengah bertarung melawan Covid-19 dan penyakit diabetes.

Bunda Dorce meninggal usa dirawat secara intensif selama beberapa hari di rumah sakit, almarhum sempat tidak sadarkan diri. Selain diabetes, dikabarkan juga ia mengidap penyakit batu ginjal pada 2019. 

Pihak keluarga telah menyampaikan perihal pemakaman Dorce Gamalama. Mimi, keponakan dari mendiang Dorce Gamalama, menyebut bahwa keluarga akan tetap menjalankan pemakaman menurut Syariat Islam yakni sebagai Almarhum.

"Sesuai dengan syariat dan ajaran Islam, karena kita orang Islam insyaAllah akan mengikuti syariat. Allah ciptakan kita sebagai apa, dan kita akan kembali lagi kepada Allah sebagai apa," kata Mimi dilansir dari Liputan6com.

Bunda Dorce terlahir sebagai laki-laki dengan nama asli Dedi Yuliardi Ashadi pada 21 Juli 1963. Setelah memutuskan mengganti identitas gendernya, Dorce melakukan operasi ganti kelamin di Surabaya pada 1983. Identitas baru Dorce telah diakui pengadilan lewat keputusan Mahkamah Agung.

Bunda Dorce awlanya dikenal dengan nama panggung Dorce Ashadi. Nama tersebut merupakan pemberian dari Myrna, pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls. Namun, setelah sepenuhnya berganti identitas gender, ia kemudian lebih dikenal dengan nama Dorce Gamalama yang diambil dari nama Gunung Gamalama di Pulau Ternate, Kepulauan Maluku.

 

Tags : Dorce Gamalama , Meninggal Dunia

Foto Terkait