Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Bisa Obati Batuk dan Pilek

| Senin, 21/02/2022 22:50 WIB
Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Bisa Obati Batuk dan Pilek Minuman Jahe. (Foto: alodoktercom)

RADARBANGSA.COM - Jahe merupakan salah satu rempah Indonesia yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Jahe sering dijadikan bahan obat-obatan dalam bentuk minuman yang segar dan dapat menghangatkan badan.

Berikut 5 manfaat jahe yang baik untuk tubuh, seperti dilansir dari okezone.com, antara lain:

1. Mengatasi batuk dan pilek

Jahe merupakan bahan yang kerap dijadikan sebagai obat herbal atau alternatif. Ini telah digunakan untuk membantu mengatasi masalah pencernaan, mengurangi mual, juga membantu melawan batuk dan pilek.

Melansir healthline, Gingerol memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Misalnya, dapat membantu mengurangi stres oksidatif , yang merupakan hasil dari kelebihan jumlah radikal bebas dalam tubuh.

2. Menurunkan Gula Darah

Dalam sebuah studi tahun 2015 terhadap 41 peserta dengan diabetes tipe 2 , 2 gram bubuk jahe per hari menurunkan gula darah puasa sebesar 12% (19Sumber Tepercaya). Ini juga secara dramatis meningkatkan hemoglobin A1c (HbA1c), penanda kadar gula darah jangka panjang. HbA1c berkurang 10% selama 12 minggu.

3. Mengobati Morning Sickness

Bagi ibu hamil, mungkin yang paling efektif untuk mual yang berhubungan dengan kehamilan, seperti mual di pagi hari. Menurut ulasan dari 12 penelitian yang melibatkan total 1.278 wanita hamil, 1,1-1,5 gram jahe dapat secara signifikan mengurangi gejala mual. Namun, ulasan ini menyimpulkan bahwa jahe tidak berpengaruh pada episode muntah.

Meskipun jahe dianggap aman, bicarakan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi dalam jumlah besar jika Anda sedang hamil.

4. Mengurangi Nyeri Haid

Salah satu kegunaan jahe secara tradisional adalah untuk meredakan nyeri, termasuk nyeri haid. Dalam sebuah penelitian tahun 2009, 150 wanita diinstruksikan untuk mengonsumsi jahe atau obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) selama 3 hari pertama periode menstruasi mereka.

Ketiga kelompok menerima empat dosis harian bubuk jahe (250 mg), asam mefenamat (250 mg), atau ibuprofen (400 mg). Jahe berhasil mengurangi rasa sakit seefektif kedua NSAID (24Sumber Tepercaya).

5. Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang mau menurunkan BB (berat badan), jahe salah satu bahan alami yang recommended. Sebuah tinjauan literatur tahun 2019 menyimpulkan bahwa suplementasi jahe secara signifikan mengurangi berat badan, rasio pinggang-pinggul, dan rasio pinggul pada orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

Tags : Jahe , Kesehatan , Tubuh , Batuk , Nyeri Haid

Foto Terkait