Cocok Dikonsumsi Saat Sahur dan Buka Puasa, ini Manfaat Buah Kurma

| Senin, 11/04/2022 22:16 WIB
Cocok Dikonsumsi Saat Sahur dan Buka Puasa, ini Manfaat Buah Kurma Buah Kurma. (Foto: alodoktercom)

RADARBANGSA.COM - Buah Kurma sangat dikenal di kalangan masyarakat. Apalagi, buah kurma banyak memiliki manfaat dan cocok dikonsumsi selama bulan puasa, yakni saat sahur dan berbuka.

Buah kurma juga dikenal bisa menjadi sumber energi. Kandungan buah kurma yang kaya nutrisi baik untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari klikdokter, berikut manfaat buah kurma untuk tubuh:

1. Mencukupi Kebutuhan Gizi dan Kalori

Karena sering kali dikeringkan, kadar kalori yang terkandung dalam kurma termasuk tinggi dibandingkan buah lain. Ini mirip dengan kismis dan buah ara.

Sebagian besar kalori kurma datang dari karbohidrat. Dan sisanya, datang dari protein. Meski tinggi kalori, kurma mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat kurma selanjutnya adalah untuk melancarkan pencernaan. Dengan serat sebanyak 7 gram dalam porsi 3,5 ons (0,99 kg), Anda bisa memasukkan kurma ke dalam diet harian. Serat dalam kurma dapat mencegah konstipasi dan bikin gerakan usus besar lebih teratur, khususnya dalam membentuk feses.

3. Mencegah Penyakit Kronis

Manfaat makan kurma tiap hari adalah bisa terhindari dari berbagai macam penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, hingga Alzheimer. Ini semua berkat tingginya kadar antioksidan yang dimiliki oleh kurma.

4. Menstabilkan Gula Darah dan Pengganti Gula yang Lebih Sehat

Dengan rasanya yang manis, kurma dapat digunakan sebagai pengganti gula putih. Bonusnya lagi, tak cuma memaniskan, kurma pun kaya nutrisi, serat, dan antioksidan! Meski masih membutuhkan penelitian lebih dalam, buah kurma juga dipercaya bisa memperbaiki kesehatan tulang dan membantu mengatur gula darah.

5. Mencegah Anemia

Manfaat kurma yang terakhir adalah buah nabi ini bisa membuat Anda tidak mudah lelah dan pucat karena anemia. Dengan makan kurma tiap hari, kandungan zat besinya akan meningkatkan produksi sel darah merah.

Tags : Kurma , Kesehatan , Tubuh , Puasa

Foto Terkait