Film Lightyear Dilarang Tayang di 14 Negara Karena Adegan LGBT

| Selasa, 14/06/2022 21:28 WIB
Film Lightyear Dilarang Tayang  di 14 Negara Karena Adegan LGBT Poster Film Lightyear (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Film Pixar Lightyear dilarang tayang di 14 negara lantaran menampilkan adegan LGBT.

Terlapor dari berbagai media, adegan LGBT ini menyajikan tayangan ciuman oleh pasangan sesama jenis. Akibatnya film Disney ini diblokir aksesnya di negara – negara dengan mayoritas penduduk muslim.

Adapun keempat belas negara ini meliputi Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, Lebanon, Mesir, Malaysia, China, Kuwait dan kabarnya Indonesia juga masuk.

Pemerintah UEA melalui Dewan Media Nasional Uni Emirat Arab mengumumkan pada Senin 13 Juni 2022 bahwa film tersebut tidak akan dilisensikan untuk pemutaran di bioskop “karena melanggar standar konten media negara”.

Sebuah laporan Variety juga mengklaim bahwa film tersebut awalnya disetujui untuk dirilis di UEA, tetapi lisensinya dicabut setelah posting di media sosial menuduh film tersebut menghina Muslim dan Islam.

Menurut Variety , sebuah sumber yang dekat dengan Badan Sensor Film Malaysia telah meminta untuk mengedit film tersebut.

Disney dilaporkan menolak pengeditan dan menarik film tersebut untuk persetujuan rilis teater di negara tersebut. Namun, film tersebut masih berpotensi mendapatkan rilis di layanan Disney Plus Hotstar, di mana kontrol orang tua tersedia.

Saat ini juga tidak jelas apakah film tersebut akan diputar di China, menurut komentar dari produser Lightyear Galyn Susman.

“Saya berasumsi itu tidak akan sampai ke China. Saya tahu kami mendapat permintaan untuk memotong, Disney tidak akan mengubah materinya,” katanya.

Lightyear sendiri merupakan film pelengkap dari karakter utama Toy Story.  Lightyear akan tayang perdana di bioskop Inggris pada 17 Juni.

Tags : lightyear , disney

Foto Terkait