Catat! Lima Makanan ini Baik Untuk Mencegah Serangan Jantung

| Senin, 19/09/2022 21:30 WIB
Catat! Lima Makanan ini Baik Untuk Mencegah Serangan Jantung Oatmeal. (Foto: Hello Sehat)

RADARBANGSA.COM - Penyakit jantung biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Bukan hanya karena kurang olahraga namun bisa karena pola makanan yang tidak sehat.

Gejala penyakit jantung bisa dicegah sejak dini. Sebab, serangan jantung dapat menimpa siapa saja baik tua maupun muda.

Nah, sebagaimana dilansir dari Mayoclinic, beberapa makanan ini baik lho untuk mencegah serangan jantung. Mau tahu? Berikut lima makanan untuk mencegah serangan jantung:

1. Makanan dengan protein rendah lemak

Makanan seperti ikan, daging, telur, dan produk susu rendah lemak adalah sumber protein yang baik bagi tubuh. Apalagi ikan, diketahui beberapa ikan seperti salmon dan mackerel memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang dapat menurunkan lemak darah. Tidak hanya ikan, kacang-kacangan juga merupakan sumber protein, rendah lemak dan tidak ada kolesterol.

2. Batasi makanan mengandung lemak tidak sehat

Dengan membatasi jumlah lemak jenuh dan tidak jenuh pada makanan seperti daging, keju, cocoa butter, minyak kelapa, sawit, saus krim dan sebagainya, maka penyakit jantung bisa dicegah. Dengan adanya batasan mengkonsumsinya akan bermanfaat mengurangi kolesterol darah, dan menurunkan risiko terkena penyakit arteri koroner.

3. Makanan rendah natrium

Makanan yang mengandung banyak natrium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang akhirnya berpengaruh pada jantung. The American Heart Association menyarankan bahwa, konsumsi garam pada orang dewasa tidak lebih dari 2.300 miligram (mg) sodium sehari atau sekira satu sendok teh.

Jadi untuk menghindari terjadinya penyakit jantung Anda dapat mulai melakukan pola makan yang sehat seperti pemaparan diatas.

4. Banyak makan sayuran dan buah-buahan

Kandungan vitamin dan mineral pada sayuran dan buah-buahan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Diketahui makanan tersebut juga memiliki serat yang banyak dan kalori yang lebih rendah.

Sayuran dan buah-buahan seperti tanaman nabati mengandung zat yang berperan dalam mencegah penyakit kardiovaskular atau jantung. Dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayuran akan mengurangi kalori dan lebih sehat untuk jantung.

5. Gandum utuh

Biji-bijian utuh merupakan sumber serat yang baik dan bernutrisi yang berfungsi dalam mengatur tekanan darah dan kesehatan jantung. Biji-bijian ini dapat berupa roti gandum, sereal, beras merah,dan oatmeal. dengan begitu Anda akan dapat terhindar dari risiko serangan jantung.

Tags : Makanan , Jantung , Kesehatan , Tubuh , Oatmeal