Es Krim Mixue Tidak Halal ? Ini Faktanya

| Kamis, 29/12/2022 20:08 WIB
Es Krim Mixue Tidak Halal ? Ini Faktanya Gerai Mixue di salah satu Mal di Depok (foto: LANGIT7.ID)

RADARBANGSA.COM - Jagat maya kembali diributkan dengan persoalan Es Krim Mixue, apakah halal atau tidak. Ini lantaran Mixue belum mengantongi ijin dari MUI. 

Ketua MUI Bidang Fatwa KH Asrorun Niam Sholeg mengatakan memang Es Krim Mixue belum mengantongi sertifikat halal dari MUI. 

“Kenapa belum disertifikat halal? Karena belum tuntas. Jadi Jawabannya Mixue sedang dalam proses sertifikasi,” kata dia seperti dikutip Kamis 29 Desember 2022.

Sementara itu Manajemen Mixue Indonesia juga buka suara terkait viralnya Isu Kehalalan produknya. 

Berikut ini adalah fakta - fakta yang Tim Radarbangsa kumpulkan terkait Halal atau Tidaknya Es Krim Mixue.

 

1. Sedang Mengurus Sertifikasi Halal

Manajemen Mixue mengatakan pihaknya sudah mengurus sertifikat halal sejak tahun 2021 awal, namun memang belum selesai. 

 Sudah dirurus demikian lama tapi kok belum selesai? 

Pertama 90% bahan baku Mixue diimpor dari Negeri Tiongkok sehingga proses konsultasi sertifikasi halal pada saat itu diajukan kepada Shanghai Al-Amin terlebih dahulu.

Kedua Sumber bahan baku tidak terpusat seluruhnya di satu kota. Proses sertifikasi halal tidak hanya mengenai komposisi, namun juga termasuk sumber bahan baku dan proses yang dilalui.

Ketiga. Pandemi Covid-19 dan lockdown dua tahun terakhir ini cukup buruk dan berulang kali mengakibatkan adanya kebijakan lockdown di berbagai negara, termasuk Tiongkok, menyebabkan sangat terhambatnya proses pengurusan.

 

2. Menggunakan Bahan Baku Halal

Manajemen mengatakan produk Mixue tidak menggunakan alkohol, Rum, atau bahan makanan yang mengandung Babi dalam proses pembuatannya.

“Mixue Indonesia sangat paham bahwa hal ini tidak dapat menjadi landasan claim bahwa Mixue Halal,” kata Manajemen seperti yng terlampir dalam rilis yang diterbitkan di postingan instagram @mixueindonesia, Kamis 29 Desember 2022.

 

3. Belum memiliki Sertifikat Halal Bukan berati Tidak Halal

Manajemen mengungkapkan memang yang berhak menyatakan halal hanyalah pihak berwenang, yaitu MUI. Namun dalam proses mendapatkan sertifikasi itu bukan hal mudah.

Pihak Mixue mengatakan telah kooperatif dengan pihak berwenang dan menunggu proses sertifikasi halal selesai.

Tags : Mixue Halal , Es Krim Mixue

Foto Terkait