Catat! Ini Hal Penting yang Wajib Dicek Saat Membeli Mobil Bekas

| Jum'at, 03/02/2023 20:42 WIB
Catat! Ini Hal Penting yang Wajib Dicek Saat Membeli Mobil Bekas Ilustrasi penjualan mobil bekas. (Foto: Motorplus Online)

RADARBANGSA.COM - Penjualan mobil bekas semakin menarik banyak peminat. Selain harga yang lebih murah, mobil bekas juga masih banyak tersedia dengan kondisi bagus serta banyak pilihan.

Namun, membeli mobil bekas harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti. Setidaknya, ada beberapa hal yang harus dicek sebelum membeli mobil bekas seperti dilansir dari detik.com, antara lain:

1. Dokumen

Saat membeli suatu barang, terutama mobil bekas, tentunya kelengkapan dokumen menjadi salah satu hal yang wajib dicek. Selain mengecek bodi mobil, dokumen penting yang harus ada seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan, BPKB, Form A, dan Faktur Pembelian Mobil yang asli.

Semua yang tertera di dokumen mobil harus dicek, apakah sesuai dengan yang ada di mobil atau tidak. Hal ini memastikan agar apa yang ada di mobil tersebut sesuai dan bukan merupakan hasil kejahatan seperti hasil curian, dan lain-lain.

Selain itu, penting untuk menyiapkan kwitansi kosong dan fotokopi pemilik mobil yang sesuai dengan KTP dan BPKB. Hal ini berguna untuk memudahkan pemilik baru saat mengajukan proses balik nama.

2. Bekas banjir

Mobil bekas yang pernah terendam banjir tentunya akan memiliki karatan di beberapa bagian mesinnya. Pemilik mobil yang lama mungkin akan melakukan penggantian mesin yang karatan walaupun tidak semua. Hal ini karena biaya reparasinya yang tentu akan mahal sekali.

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah mobil tersebut pernah terendam kebanjiran atau tidak adalah dengan mengecek bagian sela-sela mesin yang susah untuk dibersihkan dari kerak. Selain itu, cek juga bagian dalam mobil dengan merasakan baunya. Orang yang sudah biasa membawa mobil tentu tahu bau khas mesin mobil yang pernah terendam banjir.

3. Odometer

Mengecek odometer pastinya dengan mencocokkan tahun pembelian dengan perangkat pencapaian kilometer di dashboard mobil. Kemudian lakukan perkiraan ke mana mobil tersebut biasa dibawa, dan melihat apakah odometer masih asli atau sudah pernah diubah.

4. Bekas Tabrakan

Untuk mengetahui mobil tersebut bekas tabrakan atau tidak, cukup cek pada bagian mesin di bagian bawah dan depan mobil. Untuk tabrakan yang keras, tentunya akan terjadi kerusakan di bagian mesin seperti transmisi dan karet mounting.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu dilakukan saat ingin beli mobil bekas. Jika tidak di cek secara detail, bisa rugi banyak lho nantinya.

Di berbagai situs penjualan mobil bekas seperti mobbi, banyak sekali pilihan yang bisa dipilih. Yang pasti pembeli harus teliti dan cek detailnya agar mobil bekas idaman tetap berkualitas dan tidak merepotkan saat digunakan.

Tags : Mobil Bekas , Dokumen , Mesin

Foto Terkait