Catat! Ini Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut yang Mengganggu

| Rabu, 13/12/2023 21:55 WIB
Catat! Ini Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut yang Mengganggu Ilustrasi bau mulut. (Foto: tangkapan layar)

RADARBANGSA.COM - Bau mulut membuat seseorang menjadi tidak percaya diri untuk berbicara. Bau mulut menjadi permasalahan umum yang kerap dialami banyak orang.

Ada berbagai penyebab bau mulut. Mulai dari penyakit gigi dan gusi seperti periodontitis dan abses gusi, gangguan saluran pencernaan seperti sakit maag dan penyakit asam lambung (GERD), kebiasaan merokok, serta masih banyak lagi.

Berikut cara mengatasi bau mulut dikutip dari okezone.com, antara lain:

1. Sikat Gigi Secara Teratur

Kebiasaan menyikat gigi secara rutin selama 2 menit, terutama setelah mengonsumsi makanan dan minuman bisa membantu mengatasi masalah bau mulut seseorang.

Namun perlu diingat agar kamu tidak menyikat gigi terlalu keras. Karena, menyikat gigi terlalu keras justru dapat merusak enamel pada gigi yang akhirnya dapat membuat gigi menjadi lebih sensitif.

2. Gunakan Pasta Gigi yang Mengandung Mint

Pasta gigi dengan kandungan mint banyak digunakan karena dapat menyegarkan napas dan mengatasi bau mulut. Kamu juga dapat menggunakan produk yang mengandung fluoride untuk mencegah gigi berlubang.

3. Stop Merokok

Tidak perlu diragukan lagi, rokok dan produk-produk tembakau lainnya dikenal dapat menyebabkan bau mulut tidak sedap. Hentikan kebiasaan merokok segera jika kamu seorang perokok.

4. Atur Pola Makan

Kurangi mengonsumsi makanan yang manis, mengandung banyak gula, apalagi pemanis buatan. Jenis makanan seperti itu dapat merusak lapisan gigi yang pada akhirnya akan menyebabkan gigi berlubang. Gigi berlubang adalah salah satu penyebab timbulnya bau mulut.

Tak hanya makanan, kamu juga harus mengurangi frekuensi minuman berwarna seperti kopi, teh, soda, dan yang lainnya. Karena semakin rutin kamu mengonsumsinya, maka akan lebih cepat memengaruhi warna gigimu.

5. Pergi ke Dokter Gigi

Penumpukan plak yang sudah terlalu banyak akan menyebabkan warna gigi berubah menjadi kekuningan. Tak hanya itu, plak juga akan membentuk karang gigi yang dapat menyebabkan bau mulut.

Jika sudah menumpuk, kamu bisa meminta bantuan dokter gigi untuk melakukan scalling guna membuang plak dan karang gigi yang menempel. Ini bisa membantu kamu mengatasi bau mulut dengan cepat.

Itulah beberapa cara mengatasi bau mulut. Untuk mencegah bau mulut datang kembali, kamu harus menerapkan kebiasaan ini secara rutin. Jangan lupa untuk selalu menyediakan stok produk-produk pembersih gigi dan mulut.

Tags : Bau Mulut , Kesehatan , Dokter Gigi

Foto Terkait