Tips Aman Libur Nataru, Jaga Prokes dan Tetap Pakai Masker

| Rabu, 27/12/2023 20:46 WIB
Tips Aman Libur Nataru, Jaga Prokes dan Tetap Pakai Masker Masyarakat Gunakan Masker Selama Pandemi (Doc: Harian Nasional)

RADARBANGSA.COM - Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 atau Nataru disambut antusias oleh masyarakat. Libur Nataru biasanya diisi dengan lburan bersama keluarga dengan mengunjungi destinasi wisata baik di daerah domisili atau mengunjungi destinasi wisata di daerah lain.

Nah, meski sudah memasuki masa endemi COVID-19, namun bagi Anda yang berencana berlibur ke tempat ramai agar kembali menerapkan protokol kesehatan. Mengingat, kasus COID-19 di Indonesia sendiri kembali naik.

Lantas, apa saja protokol kesehatan yang harus Anda lakukan selama di tempat wisata agar tetap liburan dengan nyaman dan aman? Simak ulasan berikut ini:

Mantan Direktur WHO, Profesor Tjandra Yoga Aditama sebelumnya sempat menyebut dengan adanya peningkatan kasus, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan di Tanah Air. Seperti halnya di Singapura yaitu pemberlakukan penggunaan masker di sejumlah tempat keramaian, yang dipicu membuat lonjakan COVID-19 terjadi.

Menurutnya, dengan pengetatan yang dilakukan, maka hal ini bisa membantu menurunkan angka COVID-19 yang terjadi. Selain itu, upaya tersebut juga tetap harus dibantu dengan vaksinasi COVID-19.

"Tentu pelaksanaannya akan sesuai dengan rekomendasi WHO terbaru Desember 2023 ini, termasuk bila mungkin di negara kita juga disediakan vaksin mRNA untuk booster atau vaksinasi ulangan ini, lebih baik lagi tentu adalah vaksin bivalen atau vaksin khusus untuk varian XBB," ujar Prof Tjandra.

Tags : Libur , Nataru , COVID-19 , Protokol Kesehatan , Masker