Manfaat Mengonsumsi Vitamin B Kompleks Setiap Hari

| Rabu, 24/01/2024 22:06 WIB
Manfaat Mengonsumsi Vitamin B Kompleks Setiap Hari Vitamin B Kompleks. (Foto: Alodokter)

RADARBANGSA.COM - Vitamin B kompleks adalah stimulus yang mengubah makanan menjadi bahan bakar di dalam tubuh. Jenis vitamin yang satu ini dapat menjaga fungsi tubuh agar tetap berjalan. 

Meskipun kondisi tertentu mengharuskan beberapa orang untuk mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin B mungkin bermanfaat bahkan bagi orang yang tidak memiliki peningkatan kebutuhan nutrisi ini.

Mengurangi Stress dan Meningkatkan Mood

Vitamin B kompleks sering digunakan untuk mengatasi rasa kelelahan dan meningkatkan mood. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin B dapat meningkatkan semangat dan meningkatkan kinerja kognitif seseorang.

Sebuah studi selama 33 hari pada 215 pria sehat menemukan bahwa pengobatan dengan suplemen B-kompleks dan mineral dosis tinggi meningkatkan kesehatan mental dan stres secara umum serta meningkatkan kinerja tes kognitif.

Studi lain pada orang dewasa muda menunjukkan bahwa mengonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin B kompleks tingkat tinggi selama 90 hari mengurangi stres dan kelelahan mental.

Mengurangi Gejala Anxiety dan Depresi

Meskipun vitamin B kompleks bukanlah obat untuk kondisi kesehatan mental, namun vitamin tersebut dapat membantu meringankan gejala depresi atau kecemasan.

Sebuah penelitian pada 60 orang dewasa dengan depresi menunjukkan bahwa pengobatan dengan vitamin B kompleks selama 60 hari menghasilkan perbaikan yang signifikan pada gejala depresi dan kecemasan, dibandingkan dengan plasebo.

Vitamin B juga dapat meningkatkan respons pengobatan bila diberikan bersamaan dengan obat antidepresan.

Satu studi menemukan bahwa suplementasi vitamin yang mengandung B12, B6, dan asam folat menghasilkan respons antidepresan yang lebih baik dan bertahan lama selama 1 tahun, dibandingkan dengan plasebo.

Berapa Banyak Vitamin B Kompleks yang Harus Dikonsumsi Setiap Hari? 

Dosis harian Vitamin B Kompleks yang direkomendasikan bervariasi untuk setiap orang.

  • Untuk dewasa muda, 400 mikrogram (mcg) setiap hari.
  • Ibu menyusui membutuhkan 500 mcg sehari.
  • 600 mcg sehari untuk wanita hamil dan orang dewasa yang lebih tua.

Namun perlu diingat! Wajib dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk resep dosis yang tepat.

Tags : Kesehatan , Vitamin B Kompleks , Tubuh , Manfaat