Catat! Ini Manfaat Makan Kurma Saat Buka Puasa

| Senin, 04/03/2024 21:15 WIB
Catat! Ini Manfaat Makan Kurma Saat Buka Puasa Buah Kurma. (Foto: alodoktercom)

RADARBANGSA.COM - Buah Kurma dikenal memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Terlebih lagi, dimakan sebagai menu saat berbuka puasa. 

Mengutip dari Daily Sabah, ada beberapa keuntungan lainnya yang didapat dari mengonsumsi kurma saat buka puasa. Diantaranya adalah:

1. Membantu merasa kenyang

Kurma adalah buah-buahan yang kaya akan serat makanan yang larut, terutama pektin. Jadi bagaimana ini memperpanjang rasa kenyang? Nah, serat-serat ini yang menarik air dan meningkatkan fluiditas isi perut, sehingga memperpanjang waktu yang dihabiskannya di perut dan memberikan perasaan kenyang.

Dengan memasukkan makanan tinggi serat seperti kurma dalam buka puasa dan sahur, Anda akan memiliki kontrol yang lebih besar atas nafsu makan Anda dan menjadi lebih kenyang lebih lama.

2. Mendukung imunitas

Studi menunjukkan bahwa kurma dapat memiliki efek stimulasi pada sistem kekebalan tubuh. Efek kurma ini dikaitkan dengan kandungan beta-glukan mereka, yang merupakan polisakarida, jenis karbohidrat yang lebih baik dan lebih kompleks yang disarankan dokter untuk kita konsumsi.

Selain itu, kurma juga mengandung senyawa fenolik dan karotenoid dalam jumlah tinggi (keduanya memiliki sifat melawan kanker yang hebat) serta vitamin, yang semuanya dianggap berperan dalam mendukung sistem kekebalan tubuh berkat efek antimikroba dan sifat antioksidannya.

3. Pereda sembelit

Makanan seperti kurma dengan serat makanan tinggi harus memiliki bagian penting dalam diet sehat. Agar semuanya berjalan lancar, ahli gizi merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya 20 hingga 30 gram serat sehari.

Penelitian telah menunjukkan bahwa meningkatkan asupan serat makanan Anda meningkatkan volume tinja dan mempersingkat waktu transit ususnya, sehingga membantu mencegah sembelit yang ditakuti.

4. Baik untuk hati

Kurma dikenal sebagai sumber kalium yang sangat baik, mineral penting yang bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Kalium terlibat dalam memastikan konduksi saraf, mengatur denyut nadi dan tekanan darah kita.

Penelitian mengungkapkan bahwa diet kaya kalium membantu menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan kardiovaskular dan mengurangi risiko stroke.4.

5. Sistem saraf dan energi

Kurma, yang mengandung kadar B1, vitamin B2 dan niasin (B3), serta vitamin B6, membantu kita memenuhi kebutuhan vitamin B harian kita. Vitamin B yang disebutkan di atas terlibat dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak, yaitu mendapatkan energi dari nutrisi ini. Mereka juga memainkan peran penting dalam fungsi sistem saraf yang sehat.

Ketika Anda kehabisan vitamin ini, kemungkinan besar Anda akan mengeluh tentang fluktuasi dan penurunan tingkat energi, kelemahan, kelelahan, dan masalah konsentrasi. Ini semakin penting ketika Anda berpuasa ketika kabut otak adalah tantangan nyata.

Tags : Kurma , Buka Puasa , Nutrisi , Kesehatan , Tubuh

Foto Terkait