Gandeng PCNU Sijunjung, Nagari Palaluar Ingin Bangun Pesantren

| Rabu, 09/10/2019 20:31 WIB
Gandeng PCNU Sijunjung, Nagari Palaluar Ingin Bangun Pesantren Buya Busatamam Habi Bersalaman Dengan Pemilik Lahan Yang Akan Dibangun Ponpes Maarif Nahdlatul Ulum Yang Disaksikan Wali Nagari Terpilih Ebid Diana Putra bersama Fadhlur Rahman Ahsas. (Foto: imam/radarbangsacom)

SIJUNJUNG, RADARBANGSA.COM - Pondok Pesantren merupakan sebuah institusi pendidikan keagamaan paling tua yang tumbuh secara swadaya dan berkembang di kalangan masyarakat Islam di Indonesia. Melihat perkembangan dunia pendidikan akhir-akhir ini, perlu adanya institusi berbasis keagamaan khususnya di Nagari Palaluar kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung.

Pemikiran itu lahir dari sosok muda yang visioner dan religius Ebid Diana Putra serta baru saja terpilih sebagai Wali Nagari Palaluar beberapa waktu lalu. Walaupun belum dilantik, ia tetap bergerak dan berupaya untuk membangun tanah kelahirannya semaksimal mungkin dan mengarahkan pada konsep yang menjadi visi misinya yakni madani.

"Yah, kali ini saya mencoba membangun sebuah institusi pendidikan berbasis agama yakni sebuah Pondok Pesantren di Nagari Palaluar, walaupun saya belum dilantik. Namun saya bersama masyarakat bersepakat untuk membangun nagari yang sesuai dengan visi misi saya saat kampanye," paparnya kepada media pada Senin, 7 Oktober 2019.

Dengan semangat pembangunan tersebut, satu persatu proses pembangunan telah mulai, apalagi sokongan penuh dari organisasi besar di Indonesia yakni Nahdlatul Ulama melalui Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Sijunjung, hingga tim survei telah meninjau ke lokasi yang akan dibangun. PCNU Sijunjung juga memberikan kemudahan untuk pembangunan dengan memberikan langkah-langkah terbaik dalam merealisasikannya.

Sementara itu, Ketua PCNU Kabupaten Sijunjung Buya Bustamam Habib mengatakan, Ponpes ini segera terbangun apalagi secara hukum telah memiliki SK dari Menteri Hukum dan Ham nomor AHU-0014401.AH01.04 tahun 2019. 

"Saya sangat optimis ponpes yang akan dibangun disini akan menjadi muara peradaban generasi, insyallah pembagunan ini segera terealisasikan, apalagi Yayasan Pendidikannya sudah ada, dengan SK Kementrian Hukum dan Ham ditambah namanya sangat bagus Ponpes Maarif Nahdlatul Ulum," jelasnya.

Kemudian seraya meninjau lokasi yang akan dibangun tokoh muda Sumatera Barat, Fadlur Rahman Ahsas yang juga aktif di Gerakan Pemuda Ansor merencanakan untuk segera meresmikan pembangunan atau peletakan batu pertama yang akan dicanangkan untuk hadir dan meletakkan batu pertama Wakil Presiden Indonesia yakni KH. Ma`ruf Amin.

"Insyallah akan dibagun ponpes di nagari palaluar pada bulan November mendatang, saya akan berupaya untuk bisa menghadirkan Wakil Presiden terpilih KH Ma`ruf Amin dalam peletakan batu pertama. Kabarnya akan di agendakan sesuai agenda nasional. Sesungguhnya itu demi terbangunnya serpihan-serpihan Nusantara yang indah di ranah Minangkabau, mudah-mudahan beliau bisa hadir," pungkasnya. 

Tags : Pondok Pesantren , PCNU , Sijunjung

Berita Terkait