Agar Tidak Larut dalam Kesedihan, Ustadz Imam Sarankan Baca Doa Ini

| Rabu, 11/12/2019 21:48 WIB
Agar Tidak Larut dalam Kesedihan, Ustadz Imam Sarankan Baca Doa Ini Ilustrasi Doa. doc. istimewa

RADARBANGSA.COM - Islam mengajarkan kepada umatnya agar tidak larut dalam kesedihan. Tidak terkecuali dalam menyikapi kekalahan Timnas Indonesia U 23 di laga final SEA GAME usai takluk 0-3 dari Vietnam, Pertandingan pada 10, Desember 2019, di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina.

Nah, Sebagai Umat Muslim juga sebagai pendukung Tim Sepak Bola Garuda Indonesia, dianjurkan untuk tidak terlalu lama bersedih. Tentu banyak cara yang diajarkan Islam untuk menghilangkannya, salah satunya dengan berdoa.

Pengasuh Pondok Pesantren Mamba`ul Hisan Carangkembang, Doko, Blitar, Jawa Timur, Ustadz Imam Safi’i mengatakan  kesedihan akibat kekalahan itu wajar. “Agar tidak larut dalam kesedihan saya sarankan untuk baca doa,” ujar saat dihubungi Rabu, 11 Desember 2019.

Bacaan doa yang dimaksud adalah;

اَللَّهُمَّ اِنِّي اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحُزْنِ وَاَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَاَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْبُخُلِ وَالْجُبْنِ وَاَعُوْذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِالدَّيْنِ وَقَهْرِالرِّجَالِ . رَوَاهُالبُخَارِي

“Allahumma inni a`udzu bika minal hammi wal huzni wa a`udzu bika minal `ajzi wal kasali wa a`udzu bika minal bukhli wal jubni wa a`udzu bika min gholabatid daini wa qohrir rijaal.”

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hal yang menyedihkan dan menyusahkan, sifat lemah dan malas, bakhil dan penakut, lilitan hutang dan penindasan orang.

Ustadz yang hobi menonton bola ini juga menerangkan, Doa tersebut merupakan doa dari Nabi Muhammad SAW. Hadistnya Sohih, HR. Bukhori.

Masih Penjelasan Ustadz Imam, Doa tersebut multi fungsi, bagi kaum muslimin yang merasa kesusahan dalam ekonomi, baiknya mengamalkan doa tersebut.

Doa di atas, lanjut Ustadz Imam, ada juga yang mengartikan sebagai alarm bagi umat Muslim, bahwa setiap sesuatu yang terjadi harus disikapi secara sadar dan tawakal. Bahwa semua yang terjadi di muka bumi ini, menjadi kehendak Allah, Manusia hanya bisa berikhtiar.

Tags : Doa , Kesulitan , Amalan , NU

Berita Terkait