Pesan Alm Syekh Ali Jaber: Salawat di Hari Jumat Sangat Diutamakan

| Jum'at, 22/01/2021 16:38 WIB
Pesan Alm Syekh Ali Jaber:  Salawat di Hari Jumat Sangat Diutamakan Syekh Ali Jaber (Pendakwah). (Foto: twitter @kamalbukankemal)

RADARBANGSA.COM - Ulama terkemuka, Almarhum Syekh Ali Jaber sempat berpesan sebelum kepergiannya. Melalui sebuah majelis ilmu, Syekh Ali Jaber mengatakan banyaknya keutamaan membaca salawat di hari Jumat. 

Beliau mengutip hadis Rasulullah,

"Perbanyaklah salawat kepadaku di malam Jumat dan hari Jumat, karena salawat kalian, Allah SWT sampaikan kepadaku."

Syekh Ali Jaber bahkan sempat bercerita, mana yang lebih diutamakan di hari Jumat, perbanyak membaca Alquran atau bersalawat yang lebih utama adalah bersalawat. 

"Ada orang bertanya kepada guru saya Syekh Muhammad  bin Mukhtar asy Syingqity, Subhanallah, beliau menjawab dengan jelas dan tegas, di hari Jumat dan malam Jumat lebih utama banyak salawat daripada membaca Alquran."

"Mengapa?, karena salawat satu satunya amalan yang harus diperbanyak oleh umatnya khusus di hari Jumat. Dan karena ada riwayat ada malaikat yang khusus ditugaskan membawa salawat kita untuk disampaikan kepada Nabi Muhammad secara langsung," demikian ungkap Syekh Ali Jaber dalam sebuah ceramah yang dipublikasikan oleh akun Youtube Panji Tauhid, Rabu 26 Agustus 2020.

Ia menerangkan bacaan salawat sejatinya adalah doa dan pujian kepada Nabi Besar Muhammad SAW. Maka dari itu membaca salawat dapat memberikan banyak manfaat. Seperti menghilangkan kesusahan, memberi kemudahan lunasi utang, menyembuhkan penyakit, memberi ampunan dosa dan mendapat 10 rahmat.

Selain itu salawat juga membuat seseorang mendapatkan syafaat Rasul dan membuat posisi orang tersebut menjadi semakin mulia.

Dalam ceramahnya, Syekh Ali Jaber mengutip salah satu hadis Nabi Muhammad.

"Barang siapa yang bersalawat kepada ku 10 kali mendapat 10 kebaikan, mendapat 10 rahmat, dihapus 10 kejahatan dan naik 10 derajat dan di akhirat mendapat syafaat-ku,"

Berikut adalah bacaan salawat paling sederhana, 

صَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد

Shallallahu Ala Sayyidina Muhammad.

yang Artinya : "Semoga Salawat dari Allah atas (Nabi) Muhammad."

Lebih lanjut, membaca salawat juga akan membuat seseorang dekat dengan Rasulullah di hari Kiamat. Dalam sebuah ceramahnya, Syekh Ali Jaber berkata,

"Yang paling dekat kepada Rasullullah hu Alaihi Wassalam, Nabi Muhammad SAW di hari Kiamat yang paling banyak salawat kepada Nabi Muhammad SAW," tutup Syekh Ali Jaber. 

Tags : Syekh Ali Jaber , Keutamaan salawat , salawat jumat

Berita Terkait