Sifat Sabar untuk Para Pemenang

| Rabu, 27/01/2021 15:38 WIB
Sifat Sabar untuk Para Pemenang doc.madaninewscom

RADARBANGSA.COM - Orang sabar seringkali dinilai lemah, karena orang sabar kerap kali digambarkan sebagai orang yang tertindas. Padahal sabar adalah kemampuan untuk mengendalikan diri dan hal tersebut membutuhkan jiwa yang kuat. Bahkan sebaliknya, hanya orang yang kuat yang bisa bersabar.

Sabar diserap dari bahasa Arab‎ الصبر (ash-shabru). Kata ash-shabru memiliki makna tahan, terdapat istilah صبّر الجثة yang berarti "menyabarkan" bangkai. Seperti membuat bangkai menjadi tahan lama dan tidak mudah membusuk. Sehingga kata sabar memiliki maksud kuat dan tak mudah hancur. Ayat di bawah ini menjelaskan bahwa sabar artinya adalah kuat. Allah berfirman,

‎وَكَاَيِّنْ مِّنْ نَّبِيٍّ قَاتَلَۙ مَعَهٗ رِبِّيُّوْنَ كَثِيْرٌۚ فَمَا وَهَنُوْا لِمَآ اَصَابَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَمَا ضَعُفُوْا وَمَا اسْتَكَانُوْا ۗ وَاللّٰهُ يُحِبُّ الصّٰبِرِيْنَ

"Dan betapa banyak nabi yang berperang didampingi sejumlah besar dari pengikut(nya) yang bertakwa. Mereka tidak lemah karena bencana yang menimpanya di jalan Allah, tidak patah semangat dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Dan Allah mencintai orang-orang yang sabar,” (QS Ali `Imran: 146).

Mengutip nuonline, ayat diatas menjelaskan kriteria orang sabar adalah yang tidak lemah dan tidak mudah menyerah atau patah semangat. Hal tersebut adalah kriteria muslim yang kuat, sebagaimana yang disinggung oleh Rasulullah. Kita bisa melihat sikap Rasulullah dan para sahabat selalu sabar. Ketika ditindas di Makkah, tidak menyerah atau kompromi mengenai Aqidah Islam. Semua tetap kuat meskipun dalam siksaan kaum Quraish. Ketika di masa pasca Hijrah di Madinah, mereka juga tetap bersabar dengan pasukan yang jumlahnya lebih sedikit. Sehingga kita bisa melihat, ketika menahan diri hingga perang terbuka pun mereka bersabar.

Jadi, sifat sabar bukanlah milik orang lemah yang selalu kalah. Justru sebaliknya, sabar adalah sifat bagi para pemenang, karena Allah SWT selalu bersama orang-orang yang sabar. Melalui modal kesabaran ini, maka umat Islam akan meraih kemenangan gemilang.

Tags : Sabar , Rasulullah

Berita Terkait