Niat Salat Tahajud

| Jum'at, 05/02/2021 18:22 WIB
Niat Salat Tahajud

RADARBANGSA.COM - Salat tahajud adalah salat sunnah yang istimewa karena banyak mengandung keutamaan didalamnya. Salat Tahajud disebutkan di dalam Alquran Surah Al-Isra ayat 79.

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Artinya, “Pada sebagian malam, hendaklah kau bertahajud sebagai tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke derajat terpuji,” (Surat Al-Isra ayat 79).

Menurut NU Online, beberapa ulama memiliki pendapat berbeda mengenai salat tahajud. Sebagian ulama mengatakan bahwa salat tahajud adalah salat sunnah apa saja yang dilakukan pada malam hari. Sementara sebagaian ulama lain berpendapat bahwa salat tahajud adalah salat sunnah tersendiri dengan beberapa syarat tertentu.

Berikut ini adalah lafal niat salat tahajud.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tahajjudi rak‘ataini lillāhi ta‘ālā.

Artinya, “Aku menyengaja sembahyang sunnah tahajud dua rakaat karena Allah SWT,” (Lihat Perukunan Melayu, ikhtisar dari karya Syekh M Arsyad Banjar, [Jakarta, Al-Aidarus: tanpa tahun], halaman 40).

Syarat sah tahajud adalah harus melaksanakan tidur terlebih dahulu, jika tidak didahului tidur sebelumnya akan menjadi salat sunnah biasa. Sehingga anjurannya diharuskan tidur meski hanya sejenak pada malam hari.

Tags : tahajud , niat

Berita Terkait