Serangga Masuk Mulut, Apakah Membatalkan Puasa?

| Jum'at, 19/03/2021 16:41 WIB
Serangga Masuk Mulut, Apakah Membatalkan Puasa? serangga (foto:stemit.com)

RADARBANGSA.COM - Ketika kita sedang berpuasa dan tidak sengaja ada serangga yang masuk ke dalam mulut kita, pendapat paling sahih bahwa puasa kita tidak dihitung batal. Seperti hal nya kita tidak sempat menutup mulut untuk menghindari debu/tepung yang sangat lembut  maka statusnya adalah ma’fu (mendapatkan toleransi). Pendapat kedua menyatakan bahwa hal tersebut puasanya.

ـ {فَرْعٌ} اتَّفَقَ أَصْحَابُنَا عَلَى أَنَّهُ لَوْ طَارَتْ ذُبَابَةٌ فَدَخَلَتْ جَوْفَهُ أَوْ وَصَلَ إلَيْهِ غُبَارُ الطَّرِيقِ أَوْ غَرْبَلَةُ الدَّقِيقِ بِغَيْرِ تَعَمُّدٍ لَمْ يُفْطِرْ قَالَ أَصْحَابُنَا وَلَا يُكَلَّفُ إطْبَاقَ فَمِهِ عِنْدَ الْغُبَارِ وَالْغَرْبَلَةِ لان فِيهِ حَرَجًا فَلَوْ فَتْحَ فَمَهُ عَمْدًا حَتَّى دخله الغبار ووصل وجهه فَوَجْهَانِ حَكَاهُمَا الْبَغَوِيّ وَالْمُتَوَلِّي وَغَيْرُهُمَا قَالَ الْبَغَوِيّ (أَصَحُّهُمَا) لَا يُفْطِرُ لِأَنَّهُ مَعْفُوٌّ عَنْ جِنْسِهِ (وَالثَّانِي) يُفْطِرُ لِتَقْصِيرِهِ وَهُوَ شَبِيهٌ بِالْخِلَافِ السَّابِقِ فِي دَمِ الْبَرَاغِيثِ إذَا كَثُرَ وَفِيمَا إذَا تَعَمَّدَ قَتْلَ قَمْلَةٍ فِي ثَوْبِهِ وَصَلَّى وَنَظَائِرِ ذلك والله أعلم

Artinya: “Ashabus Syafi’i (ulama Syafi’iyah) sepakat apabila ada lalat terbang kemudian masuk ke tubuh (melalui mulut, hidung dsb) dan debu jalanan atau ayakan tepung masing-masing tidak membatalkan puasa. Ashabus Syafi’i juga mengatakan ‘orang yang puasa tidak dituntut untuk selalu menutup mulutnya saat ada debu ada tepung karena hal tersebut cukup sulit’. 

Pendapat kedua mengganggap masuknya serangga ke dalam mulut akan membatalkan puasa karena orang yang sedang berpuasa tersebut dianggap ceroboh atau lalai. Perbedaan ini disamakan dengan darah nyamuk yang ma’fu (ditoleransi). Namun jika darahnya banyak dan matinya nyamuk karena disengaja, pakaian yang terkena darah tersebut tidak sah dibuat untuk melaksanakan ibadah salat. (Imam Nawawi, Al-Majmu’ Syarah Al-Muhadzab, [Darul Fikr], juz 6, halaman 327-328)

 

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak sengajanya serangga atau debu/tepung masuk ke dalam mulut kita saat sedang berpuasa maka hukumnya menurut pendapat paling sahih tidak membatalkan puasa.

Tags : Puasa , Serangga , Debu Mulut

Berita Terkait