Bagaimana Umat Islam Menyikapi Kabar Baik

| Selasa, 23/03/2021 20:36 WIB
Bagaimana Umat Islam Menyikapi Kabar Baik Alhamdulillah (sumber: Qazwa.com)

RADARBANGSA.COM - Kabar baik atau suatu yang menggembirakan pada dasarnya datang dari Allah SWT. Oleh karena itu kita sebagai umat Islam dianjurkan untuk memuji nama Allah SWT ketika menerima kabar baik. Sayyidina Umar bin Khattab RA meriwayatkan hadis yang dikutip Imam An-Nawawi dalam Al-Adzkar berikut ini:

روينا في صحيح البخاري عن عمرو بن ميمون في مقتل عمر بن الخطاب رضي الله عنه في حديث الشورى الطويل، أن عمر رضي الله عنه أرسل ابنه عبد الله إلى عائشة رضي الله عنها يستأ ذنها أن يدفن مع صاحبيه، فلما أقبل عبد الله قال عمر: ما لديك؟ قال: الذي تحب يا أمير المؤمنين، أذنت، قال: الحمد لله، ما كان شئ أهم إلي من ذلك

Artinya, “Kami terima riwayat dalam Sahih Bukhari dari Amr bin Maimun terkait pembunuhan Sayyidina Umar bin Khattab RA dalam hadis panjang soal musyawarah bahwa Sayyidina Umar RA mengutus anaknya Abdullah bin Umar untuk meminta izin Sayyidatina Aisyah RA terkait rencana pemakaman Sayyidina Umar RA kelak di dekat dua sahabatnya (Rasulullah SAW dan Sayyidina Abu Bakar RA). Ketika Abdullah kembali, Umar RA bertanya, ‘Ada kabar apa darimu?’ ‘Kabar yang kausenangi wahai Amiral Mukminin. Ia memeberi izin,” jawab Abdullah. Umar RA menyambut, ‘Alhamdulillah, tiada yang membuatku bimbang selain masalah ini,’” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 254).

Dari sepenggal cerita di atas disebutkan bahwa, Alhamdulillah diucapkan ketika semua urusan dilancarkan dan tidak ada masalah lagi. Sebagaimana diketahui, Sayyidina Umar RA menderita luka hingga wafatnya setelah sebelumnya terjadi insiden upaya pembunuhan terhadap dirinya.

الحَمْدُ لِلهِ

Alhamdulillâh

Artinya, “Segala puji bagi Allah.”

Selain mengucap Alhamdulillah untuk memuji nama Allah SWT, mengucapkan terima kasih terhadap orang yang layak menerimanya juga dianjurkan. Selain itu sujud syukur juga cara umat Islam untuk mengucap syukur jika pada waktu itu memungkinkan.

Tags : Alhamudlilillah , Syukur , Kabar Baik

Berita Terkait