Apakah Menangis Membatalkan Puasa?

| Selasa, 06/04/2021 10:54 WIB
Apakah Menangis Membatalkan Puasa? menangis (sumber: nu.or.id)

RADARBANGSA.COM - Menangis merupakan respon secara emosional yang sering terjadi secara tidak disengaja ataupun disengaja, ketika berpuasa dan secara tidak sengaja meneteskan air mata akibat mengalami kejadian yang emosional, apakah puasa tersebut menadi batal akibat menangis?

Dalam beberapa kitab dijelaskan beberapa hal yang dapat membatalkan puasa dan menangis bukan dari salah satu hal yang dapat membatalka puasa. Kitab Matnu Abi Syuja’ menejlaskan 10 sebab batalnya berpuasa: 

والذي يفطر به الصائم عشرة أشياء : ما وصل عمدا إلى الجوف أو الرأس والحقنة في أحد السبيلين والقيء عمدا والوطء عمدا في الفرج والإنزال عن مباشرة والحيض والنفاس والجنون والإغماء كل اليوم والردة

“Yang membatalkan puasa ada sepuluh hal, yakni (1) sesuatu yang sampai pada rongga bagian dalam tubuh (jauf) atau kepala, (2) mengobati dengan memasukkan sesuatu pada salah satu dari dua jalan (qubul dan dubur), (3) muntah secara sengaja, (4) melakukan hubungan seksual secara sengaja pada alat kelamin, (5) keluarnya mani sebab bersentuhan kulit, (6) haid, (7) nifas, (8) gila, (9) pingsan di seluruh hari dan (10) murtad,” (Syekh Abi Syuja’, Matnu Abi Syuja’, hal. 127).

Mata bukanlah termasuk bagian dari jauf, mata juga tidak terhubung dengan tenggorokan, sehingga jika menangis maka tidak ada air yang mengalir masuk menuju arah tenggorokan. Ditegaskan dalam kitab Rawdah at-Thalibin:

فرع لا بأس بالاكتحال للصائم، سواء وجد في حلقه منه طعما، أم لا، لان العين ليست بجوف، ولا منفذ منها إلى الحلق

"Cabang permasalahan. Tidak dipermasalahkan bagi orang yang berpuasa untuk bercelak, baik ditemukan dalam tenggorokannya dari celak tersebut suatu rasa atau tidak. Sebab mata tidak termasuk jauf (bagian dalam) dan tidak ada jalan dari mata menuju tenggorokan” (Syekh Abu Zakaria Yahya bin Syaraf an-Nawawi, Rawdah at-Thalibin, Juz 3, Hal. 222)

Namun, Menangis bisa membatalkan puasa jika air mata dari tangisan masuk ke dalam mulut dan tertelan melewati tenggorokan.

 

 

 

Tags : menangis , Batal , Puasa

Berita Terkait