Wah! Tiga Makanan Kekinian Ini Ternyata Tinggi Kolesterol

| Jum'at, 09/02/2018 08:59 WIB
Wah! Tiga Makanan Kekinian Ini Ternyata Tinggi Kolesterol Seblak (property of wikipediaorg

RADARBANGSA.COM - Mencicipi tren kuliner baru atau makanan kekinian sudah pasti menjadi agenda wajib para pecinta kuliner. Dalam beberapa tahun belakangan, makan seperti ayam telur asin (salted egg chicken, atau sebetulnya apa pun dengan saus telur asin), teh Thailand (Thai tea), seblak, dan sate taichan sangat digemari oleh masyarakat.

Namun tahukah Anda, di balik rasanya yang lezat dan membuat Anda ingin makan atau minum lagi dan lagi, tersimpan tingkat kolesterol yang tinggi pada makanan tersebut. Bahkan tak hanya kolesterol, tapi juga kandungan lainnya seperti gula dan garam yang tak kalah tinggi.

Sebenarnya, makanan apa yang dimaksud? Berikut adalah makanan kekinian yang ternyata mengandung kolesterol tinggi, dilansir dari Klik Dokter.

1. Salted egg chicken
Bagi Anda yang pernah mencobanya, pasti Anda familiar dengan rasa gurih dan sensasi meleleh di mulut yang merupakan perpaduan antara potongan daging ayam goreng tepung dengan baluran saus telur asin. Meski nikmat, Anda harus waspada karena makanan ini menyimpan kandungan kolesterol yang cukup tinggi.

Dalam satu kuning telur asin mengandung sekitar 187 mg kolesterol. Jumlah tersebut melebihi setengah dari batas konsumsi kolesterol harian yang disarankan, yaitu 300 mg. Perlu diingat, jumlah tersebut baru berasal dari kuning telur saja, belum termasuk dari daging ayam, minyak goreng, atau kulit ayam yang masih menempel pada daging. Jika ditotal, jumlah kolesterol yang terkandung dalam satu porsi salted egg chicken mungkin bisa mencapai 200-300 mg.

2. Sate taichan
Sate taichan menjadi sangat populer, terutama di kalangan anak muda, karena selain rasanya yang enak dan gurih, harganya pun sangat terjangkau. Sate taichan merupakan potongan daging ayam, kulit, dan kadang terdapat lemak sapi yang dibakar lalu diberikan bumbu minyak, cabai, dan garam. Sate ini disajikan polos tanpa bumbu kecap maupun kacang, dan biasanya dinikmati bersama sambal super pedas dan lontong.

Walaupun kelihatannya kecil, sate taichan mengandung nilai kolesterol yang cukup besar. Pada lima tusuk sate yang dibakar tanpa menggunakan saus, terkandung sekitar 20 gram lemak jenuh, dan lemak jenuh ini sangat berkontribusi dalam peningkatan kadar kolesterol dalam darah.

3. Seblak
Seblak adalah makanan yang terdiri dari kerupuk kenyal yang ditumis dengan kuah bumbu bawang, yang terkadang ditambahkan sosis, telur, irisan sayur, bakso, udang, cumi, dan lain-lain. Kandungan kolesterol yang ada dalam satu mangkok seblak bisa mencapai lebih dari 300 mg. Sungguh angka yang sangat tinggi, apalagi mengingat konsumsi seblak biasanya dianggap hanya sebagai camilan.

Mengonsumsi berbagai makanan kekinian tidak dilarang, tapi akan lebih baik jika Anda mengonsumsinya secara bijaksana dengan membatasi porsinya. Selain itu, imbangi pula dengan menerapkan pola makan sehat dan rutin berolahraga

Tags : Info Pagi , Sehat

Berita Terkait