Menteri Amran: Pemuda Desa Harapan Pertanian Masa Depan

| Jum'at, 20/10/2017 09:16 WIB
Menteri Amran: Pemuda Desa Harapan Pertanian Masa Depan Amran Sulaiman (Menteri Pertanian RI).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Generasi muda adalah harapan bangsa. Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan masa depan pertanian berada di tangan anak-anak muda yang mayoritas berada di kawasan pedesaan. Generasi muda ini harus didoktrin bahwa sektor pertanian merupakan tempat mencari pendapatan yang tak kalah dengan pekerjaan di perkotaan.

"Dia (anak muda) adalah harapan bangsa. Melanjutkan perjuangan kita, mimpi kita. Mereka akan membangun gerakan perekonomian di desa nantinya," kata Amran di Kalimantan Barat, seperti dikutip republika.co.id, Jumat, 19 Oktober 2017.

Amran menjelaskan siswa-siswi taruna yang berada di IPDN nantinya akan menjadi calon-calon lurah atau camat yang bisa menggerakan desanya masing-masing. Dengan penanaman jati diri bahwa pedesaan memiliki potensi besar untuk dikembangkan melalui sektor pertanian, maka sektor ini bisa membuat Indonesia menjadi negara besar dalam hal produk pertanian.

Selain itu, para pemuda juga diharapkan mampu membangun daya tarik bagi sebagian besar masyarakat agar tidak melakukan migrasi ke kota dan meninggalkan ladang mereka. Perbaikan hilirisasi sektor pertanian di pedesaan akan menjadi kunci penting dalam menjaga sektor pertanian tetap hidup.

"Misal membangun proses produksi barang pertanian tidak lagi di kota, tapi buat dulu di desa baru jual ke kota dengan harga yang lebih tinggi," ujarnya.

Cara ini, tutur Amran, juga bisa menghidupkan industri di desa sehingga meminimalisasi jumlah pengangguran dengan terciptanya lapangan kerja di desa-desa. Dengan lapangan kerja yang tersedia, maka masyarakat desa akan mengurungkan niat untuk bermigrasi ke kota.

Tags : Generasi Muda , Pertanian Desa

Berita Terkait