PBNU: Jadikan Islam itu Inspirasi, Bukan Aspirasi

| Kamis, 14/12/2017 18:16 WIB
PBNU: Jadikan Islam itu Inspirasi, Bukan Aspirasi Ketua Harian Tanfidziyah PBNU H Robikin Emhas.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Harian Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) H Robikin Emhas menegaskan bahwa kelompok-kelompok yang jauh dari moderat tidak bisa mewakili citra Islam di Indonesia. Karena menurutnya, dalam pandangan NU, Islam bukan menjadi aspirasi, melainkan menjadi inspirasi.

Hal itu disampaikan oleh Robikin saat membuka Seminar Kebangsaan di lantai delapan gedung PBNU, Jakarta Pusat, Kamis, 14 Desember 2017. Acara yang bertajuk "Menuju Masyarakat yang Lebih Beradab" menghadirkan tiga pembicara, yaitu Ketua KPK Agus Rahardjo, Ulil Abshar Abdallla, dan Romo Benny Susetyo.

Robikin menjelaskan yang dimaksud dengan Islam menjadi inspirasi, ialah dengan mengambil nilai dan sari patinya untuk meningkatkan peradaban. Namun demikian, ia masih yakin, Islam di Indonesia akan selalu moderat selama ada NU.

"Insyaallah Islam di Indonesia masih moderat yang selama ini dikawal oleh Nahdlatul Ulama sebagai Islam Nusantara," terangnya seperti dikutip nu.or.id.

Ia berharap, hasil dari seminar ini dapat tersosialisasi dengan baik, sehingga kebinekaan dan keragaman di Indonesia tetap terjaga dan terawat dengan baik.

"Dengan begitu kebersamaan kita, keberagaman kita bukan ancaman, tapi semakin memperkokoh kebersamaan," terangnya. 

Tags : PBNU , Islam , Kebhinekaan

Berita Terkait