PKB dan Gerindra Bersatu di Riau Usung Lukman Edy-Hardiyanto

| Rabu, 10/01/2018 15:26 WIB
PKB dan Gerindra Bersatu di Riau Usung Lukman Edy-Hardiyanto Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Lukman Edy dan Hardiyanto (dok PKB Riau)

PEKANBARU, RADARBANGSA.COM - Lukman Edy dan Hardiyanto direncanakan mendaftar ke KPUD Riau malam ini, Rabu, 10 Januari 2018. Pasangan ini diketahui diusung oleh Partai Kebangkitan bangsa (PKB) dan Gerindra. Pembahasan koalisi PKB dan Gerindra ini cukup alot hingga tadi malam akhirnya mencapai kesepakatan.

Sedangkan hari ini merupakan batas akhir yang ditetapkan KPU Riau untuk Pendaftaran Calon gubernur dan Calon wakil gubernur Riau. Pasangan Lukman Edy dan Hardiyanto sedianya akan mendaftar setelah berkas-berkas pendaftaran rampung disiapkan pada malam ini.

Lukman Edy adalah putra asli Riau, ia lahir di Teluk Pinang, Riau, 26 November 1970 dan memiliki segudang pengalaman selama ini, salah satunya pernah menjabat sebagai Menteri Percepatan Daerah Tertinggal pada Kabinet Indonesia Bersatu 2007 yang lalu.

Bagi sebagian kalangan, karier pria yang biasa disapa LE ini cukup cepat melejit. Ia menjadi menteri ketika usianya belum genap 37 tahun. Tetapi tidak bagi si empunya nama. Sebab, ia sudah terbiasa menjadi yang termuda dalam banyak jenjang karier politiknya.

Predikat ‘yang termuda’ selalu disandang LE sejak ia memulai karier organisasi di bangku kuliah di Universitas Brawijaya dulu. Ia masuk senat mahasiswa ketika baru menapaki semester I. Sementara yang lain biasanya baru terlibat saat sudah semester IV, V, atau VI.

Sementara Hardiyanto merupakan politisi dari Partai Gerindra dan Anggota DPRD Provinsi Riau. Wakil Ketua DPD Gerindra, Husni Thamrin berujar, Hardiyanto adalah sosok yang pas menjadi wakil Lukman Edy. 

Husni menyatakan Gerindra optimis bisa memenangkan kontes Pilgubri 2018 dan tak gentar meski harus berhadapan dengan calon-calon lainnya. "Karena berdasarkan survey elektabilitas Lukman Edi cukup tinggi di Riau, kami yakin (menang)," jelasnya.

Untuk diketahui, Gerindra memiliki tujuh kursi di DPRD Riau, sementara PKB memiliki 6 kursi. Sehingga syarat untuk maju di Pilgubri sebanyak 13 kursi atau 20 persen kursi di DPRD sudah terpenuhi.

Selain pasangan ini terlebih dahulu mendaftar Syamsuar-Edi Natar diusung PKS, Nasdem, dan PAN. Lalu Firdaus MT-Rusli Efendi diusung PPP dan Demokrat, selanjutnya petahana Andi Rachman-Suyatno Golkar dan PDIP.

Tags : Lukman Edy , Pilgub Riau , PKB

Berita Terkait