Buka Muktamar XII Jatman, Jokowi Titip Pesan Ini ke Ulama

| Senin, 15/01/2018 16:43 WIB
Buka Muktamar XII Jatman, Jokowi Titip Pesan Ini ke Ulama Presiden Jokowi didampingi Rois Am Jatman Habib Muhammad Luthfi, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo membuka Muktamar XII Jatman (Foto: setkab.go.id)

PEKALONGAN, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi sejumlah menteri kabinet kerja, Senin 15 Januari 2018 menghadiri Peresmian Pembukaan Muktamar XII Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh Al Mu’tabaroh An Nahdliyyah (JATMAN) dan Halaqoh II Ulama Thoriqoh Luar Negeri, yang digelar di Pendopo Kajen, Desa Nyamok, Kecamatan Kajen..

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menitipkan pesan kepada para peserta Muktamar XII JATMAN dan Halaqoh II Ulama Thoriqoh Luar Negeri untuk mempererat jalinan ukhuwah atau persaudaraan, baik ukhuwah Islamiyah maupun ukhuwah wathoniyah.

Pesan tersebut Jokowi sampaikan mengingat Indonesia merupakan negara yang besar yang hidup dalam keberagaman. Saking banyaknya, Presiden yang baru-baru ini telah mengunjungi Pulau Rote itu mengaku tidak sanggup untuk menghapal seluruh nama dari 714 suku di tanah air itu.

“Kuncinya, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan Undang-Undang Dasar 1945 untuk menjadi pegangan,” kata Presiden Jokowi saat membuka Muktamar JATMAN dan Halaqoh II Ulama Thoriqoh Luar Negeri di Pendopo Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Presiden Jokowi juga meminta untuk seluruh lapisan masyarakat agar peduli terhadap Saudara yang masih hidup dalam kekurangan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyampaikan rasa bahagianya dapat menghadiri Muktamar yang ke-12 JATMAN, bertemu dan bersilaturahim dengan ulama yang datang dari seluruh tanah air, serta mancanegara.

“Saya percaya ketika seseorang mendalami agama Islam, apa yang sudah dicontohkan Nabi Muhammad SAW, maka orang tersebut akan menjaga persaudaraan,” ujar Kepala Negara.

Tags : Muktamar Jatman XII , Jokowi , Habib Luthfi

Berita Terkait