Hadiri Peresmian Museum Multatuli, Cak Imin: Multatuli Ajarkan Kemanusiaan Nomor Satu

| Minggu, 11/02/2018 14:20 WIB
Hadiri Peresmian Museum Multatuli, Cak Imin: Multatuli Ajarkan Kemanusiaan Nomor Satu Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengunjungi Museum Multatuli di kawasan Rangkasbitung, Lebak, banten, Minggu (11/2). (Dok PKB)

LEBAK, RADARBANGSA.COM - Tokoh Nasional Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menghadiri peresmian Museum Multatuli di Kabupaten Lebak, Banten, Minggu, 11 Februari 2018 pagi. Panglima Santri Nusantara dan rombongan disambut oleh Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya di Pendopo Bupati.

Usai silaturahim, Cak Imin bersama bupati Lebak langsung menuju Musuem Multatuli. Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga berkesempatan melihat hasil karya Multatuli setelah diresmikan.

Dalam konferensi Pers bersama awak media, Cak Imin mengungkapkan kekagumannya pada sosok Multatuli yang dalam karya-karyanya mengkritik praktek kolonialisme di Indonesia. Menurut pria asal Jombang itu, Multatuli mengajarkan pada umat manusia bahwa kemanusiaan nomor satu dibanding apapun dibumi ini.

"Multatuli mengajarkan bahwa kemanusiaan nomor satu dibanding apapun di bumi ini," kata Cak Imin.

Cak Imin juga meminta pada Bupati Lebak untuk mengajak masyarakat dan jajaran Pemerintahan kabupaten Lebak untuk belajar sejarah, yang salah satunya belajar pada Multatuli lewat Museum ini.

"Saya kira buk Bupati juga nantinya bisa menginstruksikan pada jajaran birokrat untuk belajar sejarah di Museum Multatuli ini," tambah Cak Imin.

Sekadar informasi, Multatuli merupakan nama pena dari Eduard Douwes Dekker yang dikenal sebagai penulis novel Max Havelaar (1860). Novel tersebut menginspirasi perlawanan rakyat Indonesia melawan praktek kolonialisme di Indonesia.

Tags : Museum Multatuli , Cak Imin , Max Havelaar , Kolonialisme , Kemanusiaan

Berita Terkait