Kiai NU Jatim Deklarasi Cak Imin Cawapres di Rumah Kelahiran Gus Dur

| Senin, 19/03/2018 09:04 WIB
Kiai NU Jatim Deklarasi Cak Imin Cawapres di Rumah Kelahiran Gus Dur Sejumlah Kiai Nu di Mataraman dan sekitarnya deklarasi dukungan kepada A. Muhaimin Iskandar untuk maju sebagai calon wakil presiden dirumah kelahiran Almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Ponpes Mambaul Maarif, Denanyar, Jombang, Jawa Timur. (Foto: Kanalindonesia)

JOMBANG, RADARBANGSA.COM - Dukungan kepada tokoh nasional A. Muhaimin Iskandar atau Cak Imin untuk maju sebagai calon wakil presiden (Cawapres) pada Pilpres 2019 mendatang. Dukungan tersebut disampaikan kiai NU dari Mataraman dan sekitarnya di Jawa Timur. Deklarasi dukungan itu bahkan dilakukan di rumah kelahiran KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di komplek Pondok Pesantren Mambaul Ma`arif, Denanyar, Jombang.

"Nasbul imamah itu adalah fardlu kifayah sebagai bagian dari ikhtiar utk menyejahterakan rakyat dan kami memberikan mandat ke Cak Imin untuk melaksanakan kewajiban kifayah itu," kata KH Abdul Karim, pengasuh ponpes Tarbiyatul Falah Blitar, di sela-sela haul Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif, Denanyar, Jombang, Jatim, Minggu, 18 Maret 2018.

Abdul Karim bersama sejumlah Kiai dan pengurus NU tersebut menegaskan bahwa pernyataan dukungan tersebut sengaja dilakukan di rumah kelahiran Gus Dur sebagai bukti kesungguhan para Kiai agar Cak Imin menunaikan kewajiban kifayah itu.

"Di Rumah Kelahiran Almarhum Almaghfirullah KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini, dengan sungguh-sungguh kami menyatakan dukungan dan memberikan mandat kepada cicit KH Bisri Syansuri yaitu Bapak Muhaimin Iskandar (Cak Imin) untuk maju menjadi Calon Wakil Presiden Republik Indonesia," jelasnya seperti dikutip tribunnews.com, Senin, 19 Maret 2018.

Rais `Aam PNCU Kabupaten Blitar itu juga mengajak para kiai NU dan pengasuh ponpes se-Jawa Timur menyatakan dukungan yang sama.

"Dengan dukungan dari semua lapisan masyarakat, terutama para Kiai dan pesantren, semoga Cak Imin bisa membawa bangsa Indonesia umumnya dan umat Islam Indonesia khususnya semakin demokratis, rukun dan makmur," ujar Abdul Karim.

Kemudian, terkait siapa Capres yang akan didampingi oleh Cak Imin, Kiai Abdul Karim mengungkapkan bahwa keputusan tersebut diserahkan sepenuhnya pada Ketua umum DPP PKB itu. “Kita serahkan pada Cak Imin untuk memutuskan,” tandasnya.

Tags : Cak Imin , Cawapres , Kiai dan Ulama NU , Jawa Timur , Gus Dur

Berita Terkait