Simulasi Pilgub dengan Kartu Suara, Pasangan Nomor 2 Raih 35%

| Kamis, 14/06/2018 13:05 WIB
Simulasi Pilgub dengan Kartu Suara, Pasangan Nomor 2 Raih 35% Pasangan Cagub dan Cawagub Provinsi Riau, Lukman Edy-Hardianto. (Foto: cakaplahcom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Paslon Gubernur-Wakil Gubernur Riau Nomor Urut 2 Lukman Edy-Hardianto meraup suara sebesar 35,20 persen saat simulasi pencoblosan dengan kartu suara yang dilakukan lembaga surveI Indonesia Development Monitoring (IDM).

"Simulasi dilakukan dengan pertanyaan tertutup, dengan menunjukkan kartu suara dilengkapi dengan gambar paslon dan nomor urut. Pertanyaan yang diajukan pada responden, jika pilkada Riau dilaksanakan hari ini, paslon nomor berapa yang akan ibu/bapak pilih?" ujar Fahmi Hafel, Direktur Eksekutif IDM, Selasa, 12 Juni 2018 lalu di Jakarta.

Elektabilitas pasangan yang diusung Koalisi PKB-Gerindra itu, lanjutnya, unggul sebesar 35,20 persen, disusul Syamsuar-Edy Natar 28,2 persen. Pasangan Firdaus-Rusli Effendi meraih 19,8 responden persen dan posisi terendah yaitu pasangan Arsyadjuliandi Rachman- Suyatno dengan 12,5 persen. Sementara yang belum menentukan pilihan (undecided voters) sebesar 4,3.

Sementara itu, hasil survey berdasar tingkat elektabilitas, pasangan Lukman Edy-Hardianto meraup 26,6 persen, disusul Syamsuar-Edy Natar di posisi kedua dengan angka 21,4 persen. Sementara pasangan Firdaus-Rusli Effendi 14,2 persen, dan petahana Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno 11,4 persen. Dan yang tidak menjawab sebanyak 26,4 persen.

"Elektabilitas ini diperoleh saat diajukan pertanyaan spontan jika pilgub dilaksanakan hari ini, paslon mana yang akan ibu/bapak pilih. Hasil survey menunjukkan secara Top of Mind, pasangan LE-Hardianto menempati posisi teratas. Peta politik pilkada Riau sudah semakin terang. Pasangan Lukman Edy-Hardianto unggul dibanding pesaing lainnya," tutup Fahmi.

Tags : Survei IDM , Pilgub Riau , Lukman Edy , Hardianto

Berita Terkait