Menteri Eko Ingin Dana Desa Mampu Atasi Stunting di Daerah

| Kamis, 05/07/2018 22:36 WIB
Menteri Eko Ingin Dana Desa Mampu Atasi Stunting di Daerah Menteri Eko Sandjojo saat berkunjung ke Sumba Barat, (foto: kemendesa.go.id)

LOMBOK, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengungkapkan, pemerintah melalui Kementerian PDTT terus memaksimalkan dana desa untuk menangani masalah stunting.

"Kami akan serius melaksanakan kegiatan percontohan ini dengan berkoordinasi dengan kementerian lainnya termasuk dengan pemerintah daerah (Pemda)," kata Menteri Eko saat meninjau penanganan stunting di Kabupaten Lombok Tengah, NTB, Kamis 5 Juli 2018.

Untuk itu, Mendes berharap selain dapat meningkatkan perekonomian desa, dana desa juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, stunting di Indonesia berdasarkan riset pada tahun 2013 tercatat sekitar 37 persen balita mengalami stunting yang diakibatkan kekurangan asupan gizi.

Diketahui, stunting dapat menyebabkan terhambatnya tinggi badan dan pertumbuhan otak sehingga akan berdampak pada masa depan seorang anak. 

Sebagai langkah pemerintah untuk menangani masalah tersebut adalah dengan kegiatan percontohan kader pembangunan manusia dalam mendorong dan memastikan konvergensi pencegahan di desa-desa.

Tags : stunting ,