Kura-Kura Kini jadi Hewan Paling Terancam Punah Di Dunia, Benarkah?

| Kamis, 13/09/2018 23:16 WIB
Kura-Kura Kini jadi Hewan Paling Terancam Punah Di Dunia, Benarkah? Kura-Kura Gopher. (Fot: pixabaycom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Siapa sih yang tidak kenal dengan Kura-Kura? hewan yang memiliki cangkang besar tersebut kini menjadi hewan yang paling terancam punah. Hal tersebut terungkap dari hasil penelitian yang dilakukan oleh US Geological Survey, University of Georgia, University of California, Davis, dan Tennessee Aquarium Conservation Institute. 

Hasil penelitian yang telah dipublikasikan di jurnal Bioscience pada 12 September 2018 ini menunjukkan bahwa 61 persen Kura-kura di seluruh dunia kini terancam punah. Penelitian tersebut mengungkap penyebab menurunnya jumlah populasi hewan yang biasa hidup di dua alam tersebut.

Menurut hasil penelitian itu, penyebabnya adalah karena eksploitasi berlebihan untuk menjadikan Kura-kura sebagai makanan atau peliharaan serta rusaknya habitat dan perubahan iklim. Padahal, Kura-kura juga banyak memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya.

"Tujuan penelitian kami adalah untuk menginformasikan kepada publik tentang pentingnya peran ekologis yang dilakukan Kura-kura dan meningkatkan kesadaran bahwa hewan nenek moyangnya sudah ada sejak zaman dinosaurus itu kini sedang menderita," jelas Whit Gibbons, Profesor Emeritus di Savannah River Ecology Laboratory University of Georgia yang menjadi penulis dalam riset ini seperti dilansir dari Newsweek yang dikutip dari kumparan.com, Kamis, 13 September 2018.

Sementara itu, Jeffrey Lovich, Ilmuwan dari US Geological Survey menyebut bahwa keberadaan Kura-kura telah memberikan kontribusi yang banyak pada lingkungan sekitarnya. Namun, lanjutnya, tidak terlihat secara langsung oleh manusia.

"Kura-kura berkontribusi banyak pada lingkungan, termasuk di lingkungan gurun, lahan basah, air tawar dan ekosistem laut, dan penurunan populasi mereka dapat menyebabkan efek negatif pada spesies lain, termasuk manusia, yang mungkin tidak langsung terlihat," ujarnya.

Penelitian itu juga memaparkan jenis kura-kura yang terancam punah, contohnya Kura-kura gurun Agassiz dan Kura-kura Gopher. Kemampuan mereka menggali lubang dimanfaatkan oleh berbagai hewan lain untuk menjadi tempat tinggal.

"Kita harus secara lebih dalam mempelajari Kura-kura, sejarah alam mereka, dan peran mereka terhadap lingkungan, serta kenyataan bahwa populasi mereka semakin menurun," kata Mickey Agha, Ilmuwan dari UC Davis yang juga turut dalam riset tersebut. 

Tags : Kura-Kura , US Geological Survey , Punah

Berita Terkait