Sosialisasi 4 Pilar, Agus Sulistiyono Tanamkan Pentingnya Persatuan Indonesia

| Rabu, 22/08/2018 14:15 WIB
Sosialisasi 4 Pilar, Agus Sulistiyono Tanamkan Pentingnya Persatuan Indonesia Ratusan warga Wates, Kulon Progo antusias mengikuti Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan bersama Anggota MPR RI FPKB, Agus Sulistiyono (dok @Agus_Djogja)

WATES, RADARBANGSA.COM - Anggota MPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Agus Sulistiyono mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan kepada ratusan warga di Kulon Progo, Yogyakarta, Selasa 21 Agustus 2018.

Tema yang diusung dalam Sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika ini adalah Persatuan Indonesia.

Menurut Agus, Pancasila sila ke-3 persatuan Indonesia yang terdiri dari berbagai etnis, budaya, adat, hingga agama sangatlah penting diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

"Sekarang ini marak masalah yang menyangkut kerukunan antar umat beragama. Jadi kami memang menekankan arti Pancasila sila ke-3 kepada warga," ujarnya di Balai Desa Bendungan, Wates, Kulon Progo.

Sehingga dia minta seluruh peserta yang hadir untuk tidak saling menjatuhkan antar sesama warga sekaligus mengkampanyekan pentingnya persatuan dan kesatuan di antara warga.

Dengan saling menghormati antar sesama, tegas Anggota Komisi VII DPR RI ini, bangsa Indonesia dapat mencapai tujuan utama, yaitu terwujudnya kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran.

"Hal inilah yang sangat dibutuhkan. Makanya kita harus bersatu dengan semangat gotong royong yang dimulai dari lingkungan keluarga, bahkan di lingkungan masyarakat yang lebih luas," jelasnya.

Untuk mencapai satu tujuan yang maksimal dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, masyarakat, kata Agus dapat menerapkan dan mengejawantahkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila.

"Jika nilai-nilai Pancasila diterapkan secara murni dan konsekwen, insyaallah hasilnya akan luar biasa," tegas dia.

Junaidi (29), warga desa setempat mengaku senang bisa hadir mengikuti kegiatan Sosialisasi Empat Pilar yang digelar oleh Agus yang juga Ketua Umum Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI).

"Acara ini menambah pengetahuan saya akan kehidupan berbangsa dan bernegara yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila," kata Jun yang berprofesi sebagai petani ini.

Tags : Agus Sulistiyono , PKB , Pancasila

Berita Terkait