Maman Imanulhaq: Tokoh Agama Berperan Penting Ciptakan Pemilu Damai

| Minggu, 25/11/2018 01:27 WIB
Maman Imanulhaq: Tokoh Agama Berperan Penting Ciptakan Pemilu Damai Direktur Relawan TKN Jokowi-Maruf Amin, Maman Imanulhaq (foto: istimewa)

KEBUMEN, RADARBANGSA.COM - Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin, Maman Imanulhaq menghadiri dialog antar umat beragama yang bertema ‘Dalam Rangka Memperingati Toleransi XXII Kita Pererat Persatuan dan Kesatuan NKRI Menuju Pemilu Damai 2019,” di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah, Sabtu 24 November 2018.

Dalam kesempatan itu, Maman mengatakan hasil survei Polmark menunjukkan potensi keretakan sosial pada Pilpres 2014 mencapai 4,3 persen. Untuk menghindarinya, peran tokoh lintas agama sangat diperlukan untuk meredam perpecahan dan menguatkan persaudaraan di tengah kondisi berkembangnya politik identitas, fitnah dan hoaks yang tersebar di masyarakat.

“Pilpres bukan ajang kontestasi semata tapi juga harus menjadi momentum untuk menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Maman Imanulhaq.

Menurut Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, Pemilu dan Pilpres harus jadi ajang adu ide, gagasan dan pikiran bagaimana mewujudkan Indonesia yang lebih baik, mandiri dan berdaulat. Untuk itu, para tokoh agama dapat memberikan pendidikan politik kepada umatnya masing-masing pengan cinta kasih dan menguatkan rasa nasionalisme terhadap NKRI.

“Dakwah kebencian yang disuarakan sekelompok kecil dan tidak bertanggung jawab harus diantisipasi dengan dakwah kebangsaan,” tukasnya.

Tags : TKN , Maman Imanulhaq , Tokoh Lintas Agama ,

Berita Terkait