Cak Imin: Politik Paling Murah adalah Politik Berbasis Ideologi

| Selasa, 04/12/2018 13:00 WIB
Cak Imin: Politik Paling Murah adalah Politik Berbasis Ideologi Cak Imin memberikan sambutan pada acara Hakordia 2018 yang digelar KPK di Hotel Bidakara, Jakarta (dok IG @cakiminow)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2018 bertajuk “Menuju Indonesia Bebas Korupsi” yang jatuh setiap tanggal 9 Desember di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa 4 Desember 2018.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang hadir dalam kegiatan itu berterimakasih kepada KPK karena telah proaktif mengajak dan menggandeng seluruh partai politik dalam peringatan Hakordia 2018.

Cak Imin menyoroti sistem integritas partai yang digalakkan KPK. Menurutnya sistem integritas partai yang paling mudah dan murah adalah partai harus punya ideologi, karena tanpa ideologi semua aktifitas partai sia-sia.

“Politik paling murah adalah politik berbasis ideologi, berbasis cita-cita. Kalau politik berbasis kepentingan, apalagi berbasis arisan pemilik partai politik itu pasti high cost,” kata Cak Imin saat memberikan sambutan.

Wakil Ketua MPR RI ini menilai, ideologi yang kuat dan kokoh akan mengikat seluruh partai politik untuk berjalan tetap pada koridor yang sesuai dengan falsafah Pancasila, UUD 1945 dan juga Bhinneka Tunggal Ika.

Cak Imin juga mengucapkan terimakasih kepada KPK yang telah mengusulkan penambahan pembiayaan Partai Politik dari Rp 108 per suara sah menjadi Rp 1000.

Kalau KPK yang usul, kata Cak Imin, pemerintah tidak akan menolak, sehingga proses pendidikan politik bagi seluruh kader dan masyarakat bisa lebih optimal.

“Rp 1000 itu sudah banyak, Rp 1000 itu sudah lumayan lah untuk kaderisasi, konsolidasi gagasan dan pendidikan politik,” tukas Cak Imin.

Tags : Cak Imin , KPK , Hakordia 2018

Berita Terkait