Abaikan Arah Koalisi DPP, DPW PAN Kalsel Dukung Jokowi

| Senin, 10/12/2018 07:01 WIB
Abaikan Arah Koalisi DPP, DPW PAN Kalsel Dukung Jokowi Petikan surat undangan DPW PAN Kalsel dalam rangka deklarasi dukungan untuk Jokowi-Maruf Amin (dok Twitter @MurtaDhaOne)

BANJARMASIN, RADARBANGSA.COM - Surat undangan deklarasi dukungan dari DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk pasangan Capres-Cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-KH. Ma’ruf Amin menggegerkan jagad politik tanah air.

Surat yang ditandatangani oleh Ketua DPW PAN Kalsel H. Muhidin dan Wakil Sekretaris Ilham, S.Th.I tertanggal 7 Desember 2018 itu seolah tak menghiraukan arah dukungan DPP PAN yang mendukung pasangan 02.

Muhidin membenarkan jika partai yang dinahkodainya di Kalsel mendukung pasangan 01. Dalam sebuah rilis yang diterima redaksi Radarbangsa, Minggu 9 Desember 2018 malam, Muhidin menyatakan dukungannya kepada pasangan Jokowi-KH Ma`ruf Amin.

"Kami mendukung kemenangan Jokowi dan KH Ma`ruf Amin di Kalimantan Selatan," kata Muhidin dikutip dari siaran pers di Banjarmasin.

Dukungan itu disampaikan langsung oleh Muhidin lewat sebuah deklarasi yang dilaksanakan di Hotel Rattan Inn, Banjarmasin. Ada sejumlah alasan DPW PAN Kalsel mengalihkan dukungan dari pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga yang diusung oleh Dewan Pengurus Pusat PAN kepada pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma`ruf Amin.

Alasan utama adalah mereka tak berani berbeda dengan mayoritas masyarakat di provinsi itu. Semua mampu melihat dan merasakan kerja pembangunan di era Jokowi.

"Pembangunan harus dilakukan dua periode karena kalau hanya satu kali, program pemerintah tidak maksimal," ujarnya.

Muhidin mencontohkan dirinya yang menjabat Wali Kota Banjarmasin selama dua periode dan bisa membangun Kota Banjarmasin. Ia juga memastikan DPP PAN tahu soal rencana deklarasi dukungan kepada Jokowi-Ma`ruf Amin tersebut.

"DPP PAN Pusat mengerti dan sudah tahu," imbuhnya.

Menurut Muhidin, sejauh ini belum ada tanggapan dari DPP PAN, apakah akan memberi sanksi atau tidak. Pihaknya akan menunggu reaksi DPP PAN atas perbedaan sikap serta posisi itu. Ia juga menyatakan siap menerima sanksi apa pun dari partainya atas sikap tersebut.

Mantan Wali Kota Banjarmasin itu berharap seluruh kader PAN dan masyarakat pendukungnya di Kalimantan Selatan akan turut mendukung kemenangan Jokowi-Ma`ruf Amin. Ia mengaku sudah menginstruksikan seluruh kader PAN di provinsi itu untuk mendukung pasangan nomor urut 01.

"Saya berharap kepada seluruh kader untuk ikut. Jadi, saya ke Jokowi, yang lain juga ikut," kata dia.

Tags : Jokowi , PAN , Kalimantan Selatan