Menunggu Kejutan KH. Ma`ruf Amin pada Debat Cawapres

| Rabu, 06/03/2019 21:23 WIB
Menunggu Kejutan KH. Ma`ruf Amin pada Debat Cawapres Cawapres 01, KH Maruf Amin memberikan sambutan di depan ribuan Nahdliyyin di Cinajur, Jawa Barat (dok Radarbangsa/Labieb)

YOGYAKARTA, RADARBANGSA.COM- Susuai jadwal Komisi Pemilihan Umum (KPU) debat ketiga Pilpres 2019 akan digelar pada 17 Maret mendatang di Hotel Sultan, Jakarta.

Debat ketiga kali ini hanya diikut oleh dua Calon Wakil Presiden (Cawapres), KH. Ma`ruf Amin dan Sandiaga Uno. Adapun tema debat cawapres ini adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya.

Pada debat ketiga ini, tentu perhatian masyarakat akan tertuju pada Cawapres nomor urut 01 KH. Ma`ruf Amin, sebab pada debat pertama pria kelahiran Kresek, Tanggeran, 11 Maret 1943 ini tidak banyak bicara.

Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma`ruf Amin, Meutya Hafid mengatakan akan ada kejutan dari Ma`ruf Amin saat debat nanti.

"Nanti insya Allah akan ada kejutan dari beliau," ungkap Meutya di Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Rabu, 6 Maret 2019.

Meutya pun menepis anggapan bahwa Ma`ruf Amin kurang memiliki pengalaman berdebat. Ia meyakini Ma`ruf Amin akan membuktikan saat debat nanti.

"Tinggal bagaimana pengaturan waktu, karena dalam debat ada waktu satu menit, tiga menit, ya tinggal itu saja yang beliau persiapkan, insya Allah secara konten, secara tampilan, percaya diri beliau sudah amat siap," uang Meutya.

Sementara Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani berharap bisa menjelaskan apa sudah dikerjaan oleh pemerintah saat ini.

"Insha Allah cawapres Pak Ma`ruf bisa menjawab dengan baik, sesuai dengan program pemerintah yang sudah kita lakukan," kata Puan Maharani di Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa, 5 Maret 2019.

Ketika ditanya bagaimana persiapan menghadapi debat ketiga, Ma`ruf Amin menyatakan sudah siap

"Kalau ditanya soal kesiapan, Insya Allah sudah siap. Saya udah siap," ujar Ma`ruf menjawab pertanyaan wartawan usai berziarah ke makam Syekh Quro, di Komplek Masjid Agung, Karawang.

Ma`ruf Amin juga membocorkan apa yang hendak disampaikan dalam debat ketiga. Sebagai cawapes Jokowi Widodo, aka banyak berbicara keberhasialan pemerintah selam empat tahun belakangan ini.

"Menurut saya pemerintah sekarang ini sudah menempatkan landasan secara on the track. Pendidikan dan kesehatan memperoleh perhatian, tenaga kerja, baik pelatihannya maupun perlindungan, juga mencari lapangan kerja," katanya

Ia pun meminta lawan debatnya, Sandiaga Uno tidak perlu sungkan, bersikap biasa saja meski usia dirinya lebih tua.

"Yang penting laksanakan dengan santun, sopan. Bukan hanya Pak Sandi ke saya, saya juga yang tua ke yang muda harus saling menghormati," ujar Kiai Ma`ruf

“Kalau debat itu nanti tergantung masalahnya, di pendidikan ada, lalu kesehatannya tentu ada, tenaga kerjanya ada, tapi jangan disebut sekarang, tapi ini kan debat bukan kita mau berantem, jadi rileks saja,” pungkas Ma’ruf.

 

Tags : Maruf Amin , Cawapres , Debat , Pilpres 2019

Berita Terkait