Kemnaker Ajak Serikat Buruh Adaptasi dengan Digital Based

| Selasa, 19/03/2019 16:31 WIB
Kemnaker Ajak Serikat Buruh Adaptasi dengan Digital Based Dirjen PHI-Jamsos Kemnaker, Haiyani Rumandong berswafoto dengan pengurus dan anggota Sekar Telkom di Bandung (dok @KemnakerRI)

BANDUNG, RADARBANGSA.COM - Dirjen PHI-Jamsos Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Haiyani Rumandong mengapresiasi Musyawarah Nasional (Munas) VII Serikat Karyawan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Sekar Telkom) Tahun 2019, Selasa 19 Maret 2019 di Bandung, Jawa Barat.

Haiyani berpesan seluruh peserta Munas dapat memilih pengurus baru yang bertanggungjawab terhadap tugas dan fungsi Sekar Telkom.

“Saya harap melalui Munas ke VII Serikat Karyawan PT Telkom ini memilih pengurus baru yang terbaik demi masa depan organisasi dan anggota juga keluarganya,” kata Haiyani yang hadir mewakili Menaker Hanif Dhakiri.

Munas tersebut diikuti oleh 516 orang perwakilan Sekar Telkom Indonesia dengan mengangkat tema “Berjuang Bersama Mewujudkan Telkom Jaya Karyawan Sejahtera.

Haiyani menilai eksistensi serikat pekerja/serikat buruh dalam upaya membangun bangsa demi mensejahterakan anggota dan keluarganya menghadapi beberapa tantangan, baik internal maupun eksternal.

“Secara eksternal gerakan buruh dihadapkan pada perubahan industri yang cepat dan masif. Revolusi industrial 4.0, memaksa di semua sektor yaitu ekonomi, bisnis, keuangan dan lainnya, melakukan adaptasi dengan metode baru yang digital based,” paparnya.

Kondisi tersebut, lanjut Haiyani, tidak dapat dihindari oleh semua pihak, dan dampak langsung yang dirasakan ialah berupa pengurangan tenaga kerja, namun hal ini bisa diatasi dengan penyesuaian skill SDM yang ada dengan melakukan training-training dan pelatihan-pelatihan. 

“Karena itu kami mengajak pengurus dan anggota Sekar Telkom hendaknya agar bersama-sama berbuat untuk perubahan yang lebih baik untuk kemajuan bangsa dan negara,” pesan dia.

Hadir dalam acara ini Dirut PT. TELKOM Indonesia diwakili oleh Dir. Human Capital management (HCM) Bapak Herdy Harman, Ketum DPP Sekar Telkom, Bapak Asep Mulyana. Dirjen Aplikasi Informatika, Bapak Samuel Abrijani Pangerapan.

Tags : Kemnaker , Sekar Telkom , Haiyani Rumandong