Viral Foto Jokowi Salah Sedekap Saat Salat, Ini Faktanya

| Jum'at, 29/03/2019 07:47 WIB
Viral Foto Jokowi Salah Sedekap Saat Salat, Ini Faktanya Foto kiri dari akun Facebook Abraham Manulang, foto kanan dokumentasi Setpres tahun 2016 (dok Facebook)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Foto Presiden Joko Widodo tengah salat menjadi polemik di media-media sosial. Sebabnya, potret Jokowi salat itu dinilai tak wajar dan bahkan menyalahi tata cara bakunya.

Polemik tersebut bermula dari akun Facebook Abraham Manulang tanggal 21 Maret 2019 pukul 15.32 yang mengunggah foto Presiden Jokowi tengah khusyuk salat.

Pada foto itu, cara Jokowi bersedekap tak selazimnya Muslim Sunni. Sebab, saat bersedekap, terlihat tangan kiri Jokowi berada di atas tangan kanannya. Akibatnya postingan itu menarik respon netizen dan kini sudah 5.379 kali disebar ulang.

Akun Abraham Manulang juga memberikan tulisan keterangan sebagai berikut:

“Mohon tanggapannya melihat orang ini sholat dengan cara yang tidak lazim dan salah. Orang ini berarti islamnya……..?? sholat yang bener seharusnya lengan kiri yang didekap sama lengan kanan, bukan sebaliknya lengan kanan yang didekap lengan kiri, saya saja sebagai Mualaf mengerti masalah ini”.

Foto dalam unggahan Abraham Manulang itu dicomot dari milik Biro Pers Sekretariat Presiden.

Potret itu sendiri diproduksi oleh Biro Pers Setpres pada tahun 2016, saat Presiden Jokowi menunaikan salat Jumat di lapangan Taman Monas, Jakarta, Jumat 2 Desember 2016.

Pada foto aslinya, tak ada yang janggal saat Jokowi bersedekap. Tangan kanannya berada di atas tangan kirinya. Sementara foto yang dibagikan oleh akun Abraham Manulang adalah hasil suntingan, yakni memakai efek reverse atau pembalikan secara vertikal.

Kesimpulannya, akun Abraham Manulang memanipulasi gambar yang asli untuk melakukan penipuan. Selain itu, akun Abraham Manulang juga menambahkan narasi pelintiran untuk membangun premis yang salah berdasarkan foto hasil suntingan.

Tags : Jokowi , Salat , Facebook