Eko Sandjojo: Penyalahgunaan Dana Desa Semakin Turun

| Selasa, 02/04/2019 18:44 WIB
Eko Sandjojo: Penyalahgunaan Dana Desa Semakin Turun Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo (foto: radarbangsacom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo mengungkapkan, kasus penyalahgunaan dana desa semakin mengalami penurunan di setiap tahunnya.

“Tahun lalu, ditemukan kurang dari 100 kasus dari total jumlah desa sebanyak 74.957 desa. Dari 100 kasus tersebut, hanya 67 laporan yang dinyatakan layak dilaporkan ke penegak hukum. Itu kalau dibandingkan jumlah desa 74.957 desa jumlahnya kecil. Tapi itu juga tidak boleh dibiarkan,” ungkap Mendes Eko Sandjojo, dikutip dari laman kemendesagoid, Selasa 2 April 2019.

Politiisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengatakan, masih adanya penyimpangan dana desa bukan hanya karena adanya kesempatan, namun juga terjadi akibat kurangnya pengawasan.

Untuk itu, Caleg PKB Dapil Bengkulu ini mengajak seluruh masyarakat untuk turut mengawasi dana desa. Karena pengawasan dari masyarakat langsung adalah hal paling efektif untuk memantau dana desa.

“Di desa pengawasan secara resmi ada di inspektorat provinsi, inspektorat kabupaten, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kecamatan. Yang paling penting itu masyarakat. Kita libatkan juga kejaksaan dan kepolisian untuk membantu,” jelasnya.

Tags : Eko Putro Sandjojo , dana desa ,

Berita Terkait