Nihayatul Wafiroh: Bangsa Indonesia Wajib Bersyukur Punya Pancasila

| Selasa, 02/04/2019 09:03 WIB
Nihayatul Wafiroh: Bangsa Indonesia Wajib Bersyukur Punya Pancasila Anggota MPR RI FPKB, Nihayatul Wafiroh menyampaikan sosialisi 4 pilar kebangsaan di Banyuwangi (dok Nihayah Center)

BANYUWANGI, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Nihayatul Wafiroh berkesempatan menjadi narasumber kegiatan sosialisasi Pancasila, yang bertema "Menggali mutiara Pancasila dengan semangat Gotong royong", di Banyuwangi, Senin 1 April 2019.

Acara ini bertujuan menanamkan sekaligus mengingatkan kembali betapa pentingnya semua warga Negara Indonesia untuk lebih mengenal nilai luhur Pancasila. 

"Pancasila merupakan sebuah konsensus para pendiri bangsa, tidak hanya dari satu golongan tertentu, tapi semua golongan menyepakati Pancasila dijadikan sebagai dasar ideologi Negara", kata Nihayah dalam materi pembukaan kegiatan sosialisasi. 

Nihayah menilai, adanya Pancasila merupakan sebuah keistimewaan tersendiri bagi Bangsa Indonesia.

Pancasila mempertemukan semua golongan masyarakat, untuk bersama sama mengamalkan dan membumikan nilai-nilai luhur Pancasila, sebagai upaya menjaga kesatuan dan keutuhan NKRI. 

"Kita wajib bersyukur, Bangsa Indonesia memiliki dasar ideologi Pancasila, ini sebuah anugrah keistimewaan, karena tidak semua negara dengan banyak golongan, suku, agama, dan budaya dapat menyatukan persepsi untuk bersama-sama membangun dan menjaga keutuhan Negara,” jelas Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa ini. 

Para peserta terlihat antusias menyimak pemaparan dari Anggota DPR RI dari Banyuwangi ini, hal ini bisa dilihat dari banyaknya pertanyaan peserta, salah satunya dari Agus asal Gunung Raung, Banyuwangi. 

Agus menanyakan perihal metode penerapan nilai nilai Pancasila terhadap generasi milenial. 

Nihayah menjelaskan, saat ini generasi milenial membutuhkan panutan, oleh karenanya Nihayah mengajak seluruh peserta yang hadir untuk dapat menjadi contoh yang baik bagi anak anak muda milenial. 

Caleg DPR RI dari Banyuwangi ini juga menambahkan, Dengan Pancasila sebenarnya kita sedang berusaha menanamkan nilai nilai ajaran Agama, mulai dari bersikap toleransi antar umat beragama, saling menghargai antar sesama, termasuk gotong royong untuk membangun bangsa.

"Jelas, sila-sila yang termaktub dalam Pancasila merupakan bentuk wasilah kita sebagai umat beragama, secara khusus umat Islam, untuk membumikan substansi ajaran agama islam, oleh karenanya dengan mengamalkan Pancasila kita sedang berusaha juga mengamalkan ajaran Islam", tutup Nihayah.

Tags : Nihayatul Wafiroh , Pancasila , PKB