Dukung Tol Sampai Banyuwangi, Nduk Nik: Itu Kebutuhan Masyarakat

| Selasa, 23/04/2024 19:58 WIB
Dukung Tol Sampai Banyuwangi, Nduk Nik: Itu Kebutuhan Masyarakat Anggota DPR RI asal Banyuwangi, Nihayatul Wafiroh (foto istimewa)

RADARBANGSA.COM - Meningkatkan konektivitas jalan dinilai penting untuk mewujudkan transformasi ekonomi secara lebih merata. Anggota DPR RI asal Banyuwangi, Nihayatul Wafiroh menyatakan, jika konektivitas jalan semakin baik, bukan tidak mungkin ekonomi masyarakat juga semakin baik.

Ia mencontohkan pembangunan tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) yang kini sudah sampai di daerah Besuki, Situbondo. Adanya tol tersebut dikatakannya telah berdampak cukup baik bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

"Ya kita tentu mengapresiasi upaya pemerintah meningkatkan konektivitas jalan, seperti jalan Tol Probowangi. Ini bagus untuk meningkatkan ekonomi masyarakat yang dilalui dan sekitarnya, baik itu masyarakat Probolinggo, Situbondo, sampai Banyuwangi," kata perempuan yang akrab disapa Nduk Nik, Selasa (23/4/2024).

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI itu berujar, saat ini jalan tol sudah menjadi kebutuhan masyarakat secara umum. Sebab adanya tol membuat arus distribusi menjadi lancar dan mengurangi biaya logistik.

"Jadi salah kalau jalan tol dibilang merugikan masyarakat, menggerus budaya dan lain-lainnya. Menurut saya justru sebaliknya, adanya tol ini kita semua jadi lebih terbantu, distribusi barang jadi lebih cepat dan efisien," terangnya.

"Jalan tol itu kebutuhan masyarakat, menghubungkan satu daerah dengan daerah yang lain jadi lebih mudah, bukan kebutuhan masyarakat tertentu saja," sambungnya.

Lebih lanjut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu meminta semua pihak untuk memberikan edukasi positif kepada masyarakat akan manfaat besar jalan tol.

"Saya kira masyarakat memang belum semua paham dengan manfaat besar konektivitas jalan. Ini tugas kita, terutama para Wakil Rakyat untuk mengedukasi dampak positif tol, bukan malah menakut-nakuti," tukas Nduk Nik.

Tags : Nihayatul Wafiroh , Tol Probowangi , PKB , DPR RI