Tegaskan Rencana Pemindahan Ibu Kota, Jokowi: Saya Serius!

| Senin, 06/05/2019 22:07 WIB
Tegaskan Rencana Pemindahan Ibu Kota, Jokowi: Saya Serius! Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Papua (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan jika rencana pemindahan ibu kota ke luar pulau Jawa akan segera dia laksanakan. Jokowi menyebut pemerintah serius terkait rencana tersebut.

Pernyataan tersebut ditegaskan dalam sambutan buka puasa bersama pimpinan lembaga negara di Istana Negara, Jakarta, Senin 6 Mei 2019.

“Pada kesempatan hari ini, mumpung bertemu dengan ketua dan pimpian lembaga negara, saya ingin menyinggung sedikit hal yang berkaitan dengan pemindahan ibu kota. Saya serius dalam hal ini," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, sejak tiga tahun lalu, rencana pemindahan ibu kota sudah dibahas di internal. Kemudian satu setengah lalu, dirinya meminta Bappenas melakukan kajian-kajian yang lebih detail, baik dari sisi ekonomi, sosial, politik hingga kajian dari sisi lingkungan

"Kita tahu semua bahwa di Pulau Jawa ini sudah dihuni 57 persen dengan total penduduk kita 149 juta orang padahal di pulau lain di Sumatera 21 persen, Kalimantan 6 persen dan Sulawesi 7 persen, Papua dan Maluku 2 sampai tiga persen," kata Jokowi.

Karena itu kata Jokowi, pemerintah akan berkonsultasi dengan pimpinan lembaga negara baik dari segi hukum dan politis terkait pemindahan ibu kota.

"Oleh sebab itu, kami nantinya akan menindaklanjuti, konsultasi dengan lembaga negara yang terkait, baik dr sisi hukum dan politis," tuturnya.

Tags : Jokowi , Ibu Kota , Jakarta