Presiden Jokowi Himpun Aspirasi dari Asosiasi Pengusaha Mikro dan Kecil

| Selasa, 18/06/2019 21:35 WIB
Presiden Jokowi Himpun Aspirasi dari Asosiasi Pengusaha Mikro dan Kecil Presiden RI Joko Widodo menerima jajaran pengurus himpunan dan asosiasi Pengusaha Kecil dan Menengah di Istana Merdeka, Selasa, (18/6). (Dok Setkab RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima jajaran pengurus Himpunan Pengusaha Mikro Indonesia (HIPMIKINDO), Asosiasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (AKUMINDO), Asosiasi Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (AKUMANDIRI), dan Himpunan Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia (HIPMIKIMDO), di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, 18 Juni 2019 sore.

Dalam sambutannya, Jokowi yang didampingi Mensesneg Pratikno mengaku ingin mendapatkan masukan-masukan dalam rangka mendesain kebijakan utamanya yang berkaitan dengan usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah yang jumlahnya mencapai 62,9 juta unit usaha di Indonesia.

“Saya kira kita memiliki kesempatan yang masih sangat longgar sekali di negara kita Indonesia untuk mengembangkan usaha-usaha yang ada dan ruang seperti itu marilah kita gunakan sebaik-baiknya, baik di usaha jasa, usaha perdagangan atau industri kecil, industri menengah yang saya sendiri mengalaminya betul-betul mulai dari nol,” kata Jokowi.

Untuk itu, Presiden meminta agar disampaikan apakah masih diperlukan fasilitas-fasilitas dari pemerintah. Namun, Jokowi juga tak lupa mengingatkan supaya berhati-hati.

Hal itu, menurut mantan walikota Solo itu karena fasilitas-fasilitas yang terlalu banyak kadang justru melemahkan entrepreneurship. Sehingga, meskipun fasilitas juga diperlukan tetapi jangan sampai melemahkan karakter entrepreneurship.

“Saya rasa itu sebagai pengantar yang bisa saya sampaikan. Waktu saya berikan kepada Bapak Ibu sekalian untuk menyampaikan hal-hal yang penting. Singkat dan saya minta saya juga tidak ingin terlalu banyak masukannya, satu, dua, tiga cukup tapi nanti bisa menetas gitu,” pungkasnya. 

Tags : Jokowi , Pengusaha UMKM , entrepreneurship