Menaker Minta Tim Pengawas Usut Kebakaran Pabrik Korek Api di Binjai

| Sabtu, 22/06/2019 12:41 WIB
Menaker Minta Tim Pengawas Usut Kebakaran Pabrik Korek Api di Binjai Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri (foto: @kemnakerRI)

BINJAI, RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), M. Hanif Dhakiri mengintruksikan tim Pengawas Ketenagakerjaan dari pusat dan daerah untuk mengusut peristiwa kebakaran pabrik korek api yang menewaskan 30 pekerja di Binjai, Sumatra Utara. 

Menurut Hanif, insiden harus diusut serius. Tahap awal, tim pengawas beserta Kepolisian fokus pada penanganan korban. Selanjutnya tim akan lakukan pemeriksaan terkait ketenagakerjaannya. 

"Apakah ada pelanggaran norma K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) atau tidak terkait kebakaran dan penyelamatan pekerja. Intinya kami tangani dengan serius para korbannya terlebih dulu,” ujar Hanif dalam siaran pers, Jumat 21 Juni 2019.

Hanif juga meminta tim untuk memastikan kepesertaan seluruh apakah sudah masuk di dalam BPJS ketenagakerjaan. “Kalau sudah mereka harus di-cover, kalau belum terdaftar harus segera ada solusi untuk menangani,” tegas dia.

Selain itu, Hanif mengaku telah memerintahkan tim melakukan pemerikaaan terhadap pabrik korek api tersebut secara menyeluruh.

Tags : Hanif Dhakiri , Kemnaker , Binjai

Berita Terkait